Fashion

Prospek Kerja dan Karier Menjanjikan Lulusan Fashion Designer

Jakarta, beritaalternatif.com – Konsumsi masyarakat akan kebutuhan pakaian yang terus meningkat serta tren fashion yang masih terus berkembang menjadikan peluang karier sebagai fashion designer sangat menjanjikan.

Jurusan fashion designer sangat cocok bagi yang gemar berbisnis dan memiliki kemampuan visual untuk menuangkan kreativitas di atas kertas. Nyatanya, jurusan ini tidak hanya cuma corat coret di kertas saja. Melainkan pengenalan menyeluruh tentang industri pakaian.

Jurusan ini akan mengenalkan jenis-jenis kain, cara memilih bahan baku tekstil, presentasi visual, konsep fashion di Indonesia, pengembangan produk dan perilaku konsumen. Di akhir masa perkuliahan, terdapat pergelaran busana atau yang sering disebut dengan fashion show.

Kesempatan inilah yang akan dipakai mahasiswa untuk memamerkan hasil karya terbaiknya di runway. Momen ini juga bisa dimanfaatkan untuk menjalin relasi seluas mungkin dengan pelaku industri fashion lainnya. Dengan begitu, jalan untuk berkarier sebagai desainer semakin terbuka lebar.

Memilih jurusan ini sebagai langkah awal karier bukanlah sesuatu yang buruk, sebab mahasiswa akan dilatih untuk berpikir kreatif dan membuka peluang usaha baru di masyarakat. Selain itu, lulusannya juga memiliki skill time management yang baik karena tugas kuliah yang cukup menyita waktu. Tugas-tugas inilah yang akan menjadikan kamu individu yang lebih produktif untuk menghasilkan karya-karya terbaik.

Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, Jumat (17/12/2021), berikut ini adalah prospek karier yang menarik bagi lulusan jurusan fashion design.

Menariknya adalah, mahasiswa pun bisa bekerja sebelum lulus di jurusan ini. Fashion enggak cuma berjalan di atas catwalk atau merancang pola busana. Kamu bisa mengembangkan bakat yang dimiliki dengan menjadi seorang fashion blogger.

Istilah fashion blogger mulai dikenal sejak tahun 2010. Saat itu orang-orang yang memiliki minat di bidang mode berbagi cerita melalui tulisan dan visual yang diwujudkan melalui outfit yang mereka pakai.

Selain blog, ada cara lain untuk memulai karier di dunia fashion dengan memanfaatkan akun media sosial. Saat ini muncul istilah influencer, yaitu orang yang memiliki banyak pengikut di dunia maya dan aktif membuat konten di bidang tertentu.

Konsistensi dalam membuat konten menjadi daya tarik bagi brand lokal dan internasional untuk melakukan kerja sama dalam mempromosikan produk mereka. Sebelum menyandang gelar diploma atau sarjana, pastinya kamu juga akan dibekali dengan berbagai mata kuliah praktik.

Hasil dari ujian praktik selama masa kuliah tersebut dapat dijadikan sebagai portofolio untuk melamar pekerjaan sebagai intern atau freelance.

Berikut adalah prospek karier Jurusan Fashion Design: Fashion Stylist; Fashion Illustrator; Fashion Consultant & Specialist; Costume Designer for Music Videos, TV, Movies & Theatre; Fashion Journalist and Blogger; Entrepreneur; Fashion Designer dan Blogger Indonesia.

Tahukah kamu bahwa Indonesia juga mempunyai fashion designer maupun blogger yang memiliki gaya unik. Hebatnya lagi, karya mereka sudah mendunia!

Diana Rikasari

Ibu dua anak ini memulai kariernya sebagai fashion blogger pada tahun 2007. Diana telah memenangkan beberapa penghargaan blog dan menjadi pembicara publik di berbagai seminar dan workshop. Pada tahun 2011 dan 2012, blognya menempati peringkat #1 di IndonesiaMatters.com, menjadi blog yang paling banyak dikunjungi di Indonesia dari semua kategori.

Dengan prestasi tersebut, ia telah didaulat menjadi Brand Ambassador berbagai merek lokal dan internasional. I Wear Up adalah bisnis yang ia kelola yang berfokus pada produk sepatu dan aksesoris.

Tex Saverio

Pasti kamu sudah enggak asing dengar nama ini. Kecintaannya pada dunia mode telah membawa nama Indonesia hingga kancah internasional.

Tex Saverio pernah menjadi perbincangan hangat karena kostum rancangannya dikenakan oleh penyanyi dunia, Lady Gaga. Di samping itu, ia juga merancang busana yang dikenakan aktris Jennifer Lawrence dalam film The Hunger Games. (sindonews/ln)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top