Berita Utama

Warga Keluhkan Jalan Penghubung antar Kampung di Desa Jonggon yang Rusak Parah

Kukar, beritaalternatif.com – Jalan penghubung antara Jonggon C dan Jonggon D yang terletak di Desa Jonggon, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) rusak parah.

Dari pantauan media ini pada Rabu (13/4/2022) siang, jalan penghubung dua kampung tersebut terlihat berlumpur, berlubang, dan di beberapa titik dipenuhi genangan air.

Sejumlah kendaraan yang melewati jalan ini pun terlihat berhati-hati melewati jalan yang membahayakan para pengguna jalan tersebut.

Seorang pengendara motor yang melewati jalan itu terlihat mengendarai kendaraannya dengan pelan-pelan. Ia juga sesekali menurunkan kakinya sembari melewati jalan berlumpur itu.

Jalan ini menjadi akses penghubung bagi warga yang hendak mendapatkan pelayanan di Kantor Desa Jonggon.

Warga pun mempertanyakan alasan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar yang tak kunjung memperbaiki jalan tersebut.

Padahal, sebagian dari jalan yang menjadi sentral lalu lintas warga antar kampung ini telah disemenisasi.

Namun, perbaikan jalan dan semenisasi tak selesai, sehingga belum hingga ke Kantor Desa Jonggon.

Seorang warga Jonggon yang melintasi jalan tersebut, Bu Imron mengakui bahwa jalan itu kerap becek, licin, dan digenangi air setelah hujan.

“Kadang takut lewat sini. Tapi kan mau enggak mau lewat sini karena hanya ini jalan satu-satunya kalau mau ke Kantor Desa,” ungkapnya kepada beritaalternatif.com.

Dia juga menyebutkan, warga kerap memasukkan tanah, pasir, dan kerikil untuk memperbaiki jalan tersebut. Namun, hal itu tak bertahan lama.

Setelah hujan mengguyur kampung, jalan itu pun kembali licin, berlumpur, dan digenangi air. “Kalau mau ke Kantor Desa jadi lama di jalan,” katanya. (*)

Penulis: Ufqil Mubin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top