Kebijakan Hilirisasi Kian Gencar, Jokowi akan Hentikan Ekspor seluruh Hasil Pertambangan

Listen to this article

BERITAALTERNATIF.COM Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengusaha tambang yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk bersiap-siap seiring dengan kebijakan hilirisasi.

Saat ini Indonesia telah menyetop ekspor nikel dan akan dilanjutkan dengan emas dan bahan baku lainnya.

“Saya minta seluruh anggota Hipmi yang memiliki tambang baik nikel, bauksit, tembaga, timah, emas, mulai siap-siap karena semuanya saya pastikan akan kita setop, kita setop, kita setop,” ujar Jokowi dalam Pelantikan Badan Pengurus Pusat Hipmi di Kempinski Hotel, Jakarta, Senin (20/2/2023).

Jokowi mengatakan hilirisasi akan memberikan nilai tambah bagi Indonesia. Maka dari itu, ia menegaskan Indonesia tidak akan berhenti mengekspor bahan baku mentah meskipun diduga seperti saat berhenti mengekspor nikel.

“Kita tidak akan berhenti meskipun digugat. Tidak akan berhenti, sekali lagi tidak akan berhenti. Kita akan terus,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan pentingnya mengutamakan penggunaan produk dalam negeri. Hal itu terlihat dari belanja APBN, APBD, dan BUMN pada tahun lalu sebesar Rp 762 triliun untuk produk-produk dalam negeri.

Ia mengatakan Indonesia lebih duluan satu tahun dibandingkan Amerika Serikat yang baru memberlakukan penggunaan produk dalam negeri mulai Januari 2023.

“Kita ini sekarang menjadi trendsetter bukan lagi follower,” ujar Jokowi. (*)

Sumber: CNN Indonesia

Kunjungi Berita Alternatif Di :

Bagikan

BERITA TERKAIT

PALESTINA
POPULER BULAN INI
INDEKS BERITA