Sports

IPSI Kukar akan Utus 16 Atlet Pencak Silat di Porprov Kaltim 2022

Beritaalternatif.com – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendapatkan kuota 16 atlet untuk dikirim sebagai perwakilan Kukar pada Porprov Kaltim yang akan diselenggarakan di Kabupaten Berau pada November 2022.

Atlet pencak silat tersebut akan didampingi oleh 4 orang pelatih, 2 orang official, dan seorang manajer tim. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Umum IPSI Kukar Mahmudin kepada beritaalternatif.com, Minggu (22/5/2022) pagi.

IPSI Kukar akan memaksimalkan tim tersebut untuk mendapatkan medali terbanyak di Porprov Kaltim. Berbagai langkah pun akan diambil untuk mencapai target tersebut.

“Mungkin nanti ada nomor tanding yang atletnya memang bisa pegang dua nomor di kategori tanding dan kategori tunggal misalnya, mungkin kita bisa match-kan itu. Paling tidak satu atlet kita bisa maksimalkan fungsi mereka,” ucapnya.

Setelah melakukan seleksi calon atlet, IPSI Kukar akan menyusun program untuk pemusatan latihan selama beberapa bulan, yang meliputi persiapan fisik, umum, pra-kompetisi, dan kompetisi.

Program tersebut akan dibuat oleh tim prestasi yang dibentuk oleh IPSI Kukar, yang secara khusus bertugas meningkatkan kualitas atlet pencak silat yang akan bertanding di Porprov Kaltim.

Dia berharap bisa kembali merebut juara umum di Porprov Kaltim. “Paling tidak kami bisa pertahankan di posisi runner-up,” katanya.

Dengan utusan 16 atlet tersebut, Mahmudin meyakini bahwa cabang olahraga pencak silat Kukar akan mendapatkan 60-70 persen medali yang ditargetkan IPSI Kukar.

“Karena bela diri sangat dinamis sekali. Ketika misalnya kita hanya mengirimkan 16 atlet, sementara tuan rumah dan Samarinda kirim full, artinya mereka punya kesempatan lebih banyak untuk dapatkan medalinya,” ujar dia.

Meski begitu, Mahmudin menilai kualitas para atlet pencak silat Kukar cukup mumpuni, sehingga ia optimis dapat meraih hasil yang maksimal di Porprov Kaltim.

Ia mengaku akan menjalankan pembinaan dan politik olahraga dalam menyiapkan para atlet pencak silat. Kedua hal ini dinilainya sebagai syarat untuk meraih prestasi maksimal di kejuaraan tingkat provinsi tersebut.

Mahmudin berpesan kepada seluruh atlet pencak silat di Kukar untuk menyiapkan diri secara matang sebelum mengikuti Porprov Kaltim.

“Persiapkan secara maksimal. Perbaiki gizi, perbaiki mental, perbaiki cara bermain. Itu yang paling penting,” pesannya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top