Tech

Ramalan Bill Gates: Teknologi Metaverse hingga Diagnosa Medis

Jakarta, beritaalternatif.com – Pendiri Microsoft, Bill Gates sejak beberapa waktu ke belakangan meramalkan beberapa hal, di antaranya akhir dari pandemi Covid-19 hingga soal metaverse.

Sejak awal dikenal publik, perlu dicatat bahwa Gates memiliki catatan prediksi yang beragam. Gates secara akurat meramalkan pada 1987 bahwa dunia abad ke-21 akan dipenuhi dengan tampilan panel datar. Dia juga percaya bahwa manusia akan mulai menyingkirkan kartu kredit.

Gates, salah satu pendiri Microsoft telah meninggalkan posisi dewan perusahaan pada tahun 2020. Ia menulis catatan akhir tahun yang diisi dengan refleksi tentang pandemi dan tahun 2021.

Tetapi Gates juga memasukkan beberapa prediksi untuk masa depan, dan memberikan beberapa indikasi di mana perusahaan teknologi berkembang dalam dua hingga lima tahun ke depan.

Apa yang Gates lihat selama beberapa tahun ke depan, berikut lima di antaranya:

Meeting Metaverse

Gates meramalkan dalam tiga tahun ke depan metaverse akan berkembang dan digunakan banyak karyawan kantoran. Nantinya, menurut Gates, aktivitas rapat kantor di dunia virtual metaverse tidak lama lagi akan terjadi.

Hal itu merupakan situasi yang dinilai akan sangat menguntungkan bagi karyawan yang melakukan kerja jarak jauh.

Prediksi tersebut tertulis dalam blog Gates yang secara garis besar membahas optimisme 2022 seraya mengulas kesulitan pada 2021.

“Kita semua harus beradaptasi dengan ‘new normal‘, meskipun kelihatannya berbeda untuk setiap orang. Bagi saya, hasilnya adalah setahun yang sebagian besar dihabiskan secara online,” tulisnya.

Metaverse didefinisikan sebagai satu set ruang virtual tempat pengguna dapat membuat dan menjelajahi dengan orang lain yang tidak berada di ruang fisik.

Pengguna dapat bersosialisasi dan berinteraksi secara virtual dengan teman, dapat bekerja, bermain, belajar, berbelanja, berkreasi, dan banyak lagi.

Dijelaskan Gates, agar metaverse lebih hidup, pengguna perlu sesuatu seperti kacamata VR dan sarung tangan penangkap gerakan untuk menangkap ekspresi, bahasa tubuh, dan kualitas suara lebih akurat.

Pandemi Covid-19 Berakhir 2022

Gates percaya akhir krisis pandemi Covid-19 akan terjadi sekitar tahun 2022. Itu tidak berarti semuanya akan kembali normal seperti pada 2019, tetapi akan jauh lebih baik.

Dia menjelaskan dua langkah yang menurutnya akan membantu menaklukkan Covid-19 dalam sebuah wawancara di Forum Ekonomi Bloomberg.

Menurut Gates, jalan keluarnya yakni dengan vaksinasi seluruh masyarakat dunia, dan penggunaan obat antivirus.

Bagi Gates, mengakhiri pandemi tidak berarti memberantas sang virus sepenuhnya. Sebaliknya, dia mengatakan, masyarakat dunia dapat meredam ke jumlah yang sangat kecil pada akhir tahun 2022.

Target itu tetap realistis, mengingat ketersediaan vaksin dan obat anti-virus. Sebagai permulaan, vaksin adalah langkah yang sangat bagus.

Selain itu, mempertebal sektor pendidikan dan memerangi misinformasi dinilai Gates dapat meningkatkan tingkat vaksinasi di berbagai negara.

Diagnosa Medis di Rumah

Kembali di tahun 1960-an, orang-orang memperkirakan bahwa setiap orang pada akhirnya akan memiliki komputer yang dapat melakukan diagnosa medis di rumah. Gates belum menyerah pada mimpi itu.

Kemungkinan jam tangan pintar menjadi monitor kesehatan rumah tampaknya sangat mungkin.

Tapi sejujurnya ramalan tersebut masih menunggu banyak aplikasi dan pengembangan sensor yang akan mewujudkannya.

Tes Darah untuk Alzheimer

Gates sangat optimis tentang banyak kemajuan medis yang dia yakini ada di depan mata, termasuk tes darah untuk penyakit Alzheimer.

Kemajuan besar telah dibuat di bidang pengembangan tes darah untuk Alzheimer. Ada kemungkinan besar bahwa akan terjangkau dan dapat diakses untuk penyintas Alzheimer akan disetujui tahun depan.

Meskipun ini belum menjadi solusi bagi orang yang memiliki penyakit tersebut, tes ini akan mempercepat kemajuan dalam pencarian terobosan pengobatan.

New Normal 2022

Gates mengaku yakin pandemi terburuk akan berakhir pada 2022. Dia menjelaskan, di akhir postingan di blog pribadinya bahwa semua orang akan beradaptasi dengan versi normal baru, bahkan jika pandemi Covid-19 masih berlanjut.

“Saya pikir 2022 akan menjadi tahun ketika banyak dari kita akhirnya beradaptasi dengan normal baru pasca-pandemi,” tulis Gates dalam situs pribadinya.

Menurutnya, kegiatan bekerja di kantor sudah dapat dilakukan seiring menurunya kasus Covid-19. (cnnindonesia/ln)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top