Kalimantan Timur, ID
26°C
Visibility: 10 km

Polda Kalbar Tangkap 10 Orang Terduga Pelaku Perusakan Masjid Ahmadiyah

images (50)

Pontianak, beritaalternatif.com – Kepolisian Daerah Kalimantan Barat (Polda Kalbar) dan Polres Sintang, hingga saat ini sudah menangkap 10 pelaku perusakan rumah ibadah milik Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) di Desa Balai Harapan, Kecamatan Tempunak, Sintang, Kalbar.

“Saat ini kami sudah mengamankan sebanyak 10 orang diduga pelaku perusakan rumah ibadah di Sintang,” kata Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes (Pol) Donny Charles Go di Pontianak Ahad malam.

Dia menjelaskan, pihaknya punya waktu 1 x 24 jam untuk menentukan status orang yang diamankan tersebut.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Kalbar menyatakan, sebanyak 300 personel TNI dan Polri diturunkan dalam mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP) insiden perusakan rumah ibadah milik JAI di Kabupaten Sintang.

“Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, dan untuk rumah ibadahnya sendiri ada yang rusak karena dilempar massa. Sedangkan yang sempat terbakar adalah bangunan di belakang rumah ibadah milik JAI tersebut,” ungkapnya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya fokus mengamankan jemaah Ahmadiyah yang berjumlah 72 orang atau 20 KK dan bangunan rumah ibadah. “Situasi saat ini sudah terkendali, massa sudah kembali,” ujarnya.

Adapun perusakan diduga dilakukan warga yang mengaku tergabung dalam gerakan Aliansi Umat Islam di Kabupaten Sintang, Kalbar.

Sekretaris Pers dan Juru Bicara JAI, Yendra Budiana mengatakan, pembakaran dan pengrusakan masjid dilakukan kurang lebih 130 orang yang mengatasnamakan diri mereka sebagai Aliansi Umat Islam. Mereka membakar masjid dan melemparinya dengan botol plastik yang telah diisi bensin.

“Massa mengambil botol-botol plastik berisi bensin yang sudah disiapkan di parit di kebun karet. Beberapa botol bensin diamankan polisi,” kata Yendra melalui keterangan tertulis, Sabtu (4/9). (rp/ln)

Pertama di Asia Tenggara, RI Mulai Bangun Pabrik Baterai Listrik September 15, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - PT HKML Baterai Indonesia resmi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) atas pembangunan pabrik baterai...

Ekonomi Afghanistan di Bawah Kendali Taliban Diprediksi akan Menyusut 20 Persen September 14, 2021

Kabul, beritaalternatif.com - Mantan kepala Bank Sentral Afghanistan Ajmal Ahmady memprediksi ekonomi Afghanistan bisa kontraksi usai diambil...

Anggaran untuk Beasiswa Belum Dialokasikan, GPII Kukar Tuding DPRD Kaltim Tak Pro Pendidikan Oktober 14, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Ketua Umum Gerakan Pemuda Islam Indonesia Kutai Kartanegara (GPII Kukar) Muhammad Faudzan melalui sekretaris umumnya,...

Pemuda Muhammadiyah Kukar Ulurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor di Desa Purwajaya September 20, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah bersama MDMC dan MCC Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar aksi kemanusiaan berupa...

Israel Marah Besar karena Utusan Uni Eropa akan Hadiri Pelantikan Presiden Baru Iran Agustus 3, 2021

Teheran, Beritaalternatif.com - Presiden baru Iran Ebrahim Raisi akan dilantik pada Kamis (5/8/2021) ini. Uni Eropa memutuskan untuk mengirim salah...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *