Kalimantan Timur, ID
23°C
Visibility: 10 km

Tanaman Hias Ini Bisa Redakan Batuk dan Masalah Pernapasan

Tanaman sirih.
Tanaman sirih.

Jakarta, beritaalternatif.com – Selain untuk mempermanis pemandangan, beberapa tanaman hias juga punya fungsi lebih. Ada yang bisa dipakai untuk memasak, ada juga yang punya khasiat khusus untuk kesehatan.

Untuk itu, tak ada salahnya memelihara tanaman hias tersebut yang mungkin bisa berguna ketika sakit. Bagi yang khawatir terpapar Covid-19 atau terserang batuk hingga memiliki masalah pernapasan yang tentu membuat daya tahan tubuh menurun, coba rawat deretan tanaman hias berikut ini.

Cocor Bebek

Tanaman hias kalanchoe pinnata atau yang lebih dikenal dengan nama cocor bebek memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya bisa meredakan batuk dan pilek. 

Daun cocor bebek dipercaya bisa membantu meredakan batuk, flu, hingga nyeri dada karena bersifat antibakteri, antivirus, antimikroba, serta antijamur. Anda hanya perlu memetik daunnya kemudian menjadikannya smoothies.

Kembang Sepatu

Tanaman hias lain yang bisa membantu meredakan batuk adalah kembang sepatu. Tanaman hias yang berasal dari Asia Timur ini sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 

Kembang sepatu mengandung cyanidin diglucoside, teraxeryl acetat, hingga hibisetin. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa kembang sepatu bisa membantu menurunkan tekanan darah, meredakan batuk, TBC, radang usus hingga melancarkan haid.

Sirih

Tanaman sirih yang rimbun akan cantik sekali menghijaukan pekarangan rumah. Selain mengobati keputihan, sakit jantung, hingga alergi, sirih juga membantu meredakan gejala batuk. 

Daun sirih yang direndam atau direbus lalu diminum airnya dapat dijadikan obat batuk. Tanaman hias ini mengandung minyak asiri seperti kadinen, kavikol, sineol, eugenol, kariofolen, karvakrol, terpinene, hingga seksuiterpen.

Lidah Mertua

Snake plant atau lidah mertua menjadi tanaman hias yang punya segudang manfaat untuk kesehatan. Yang paling utama adalah bermanfaat sebagai air purifier alami.

Tanaman hias ini dikenal sebagai pembersih udara karena mampu menyingkirkan benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, hingga toluene. Lidah mertua juga menghasilkan oksigen pada malam hari.

Dengan merawat snake plant di dalam rumah maka bisa membantu membuat penghuninya lebih sehat, terutama jika punya masalah pernapasan. Bahkan disarankan untuk diletakkan dalam kamar tidur agar sirkulasi udara dalam kamar lebih baik.

Pakis Boston

Pakis boston juga menjadi bisa dimanfaatkan sebagai humidifier. Pasalnya, tanaman hias ini dapat menyaring udara kotor dalam rumah.

Pakis boston pun dipercaya memiliki manfaat kesehatan seperti mencegah kulit kering, sakit tenggorokan, hingga meredakan batuk kering.

Eucalyptus

Tanaman eucalyptus merupakan tanaman yang sangat harum sehingga minyaknya sering digunakan dalam lotion, parfum, dan kosmetik. 

Tanaman hias eucalyptus dipercaya bisa membantu meredakan gejala ringan pasien yang terindikasi Covid-19. Hal tersebut pun telah diuji oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan). (cnbcindonesia/ln)

Dina Sulaeman Ungkap Penyebab Taliban Berkuasa tanpa Perlawanan Agustus 17, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Pengamat Timur Tengah yang juga Dosen Prodi Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran Dina Yulianti Sulaeman...

Petahana Menangkan Pemilihan Ulang Pilgub Kalsel Juni 18, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Pasangan calon petahana nomor urut 01, Sahbirin Noor-Muhidin, mengalahkan paslon 02, Denny Indraya-Difriadi dalam...

Rouhani: Masyarakat Dunia Saksikan Pemilihan Presiden Iran Juni 18, 2021

Teheran, beritaalternatif.com - Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani mengatakan, pemilihan presiden adalah pemilu terpenting negara. Karena...

Taliban Ambil Alih Kekuasaan di Afghanistan, Indonesia Serukan Tiga Hal Ini Agustus 25, 2021

Riyadh, beritaalternatif.com - Diplomat Indonesia Adkhilni M. Sidqi mewakili Republik Indonesia pada Pertemuan Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam...

Unikarta Targetkan Terima 500 Mahasiswa Baru Juli 28, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong masih membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru. Pendaftaran...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *