Nasional

Survei Populi: Dukungan ke Puan Maharani Jauh Lebih Kecil dari Ganjar Pranowo

Jakarta, beritaalternatif.com – Survei Populi Center menyatakan Ganjar Pranowo sebagai sosok yang paling didukung publik sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Sementara itu, Ketua DPR Puan Maharani memperoleh dukungan yang lebih kecil.

Pada survei ini, Populi tidak mengukur tingkat keterpilihan atau elektabilitas kandidat. Survei ini menanyakan dukungan responden terhadap lima sosok, yaitu Ganjar, Puan, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Erick Thohir. Setiap responden boleh mendukung lebih dari satu nama.

“Figur Ganjar Pranowo memang mendapatkan presentase dukungan dari masyarakat yang paling tinggi, yaitu 58,3 persen,” ucap peneliti Populi Center Nurul Fatin dalam jumpa pers daring, Senin (20/12/2021).

Posisi kedua ditempati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang didukung 47,3 persen responden. Kemudian, ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan dukungan mencapai 46,6 persen.

Sosok Menteri BUMN Erick Thohir duduk di tempat keempat dengan 27,5 persen. Sementara itu, Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani menempati posisi buncit.

“Erick Thohir 27,5 persen, Puan Maharani 17,5 persen,” ucap Nurul.

Survei ini dilakukan Populi Center sepanjang 1-9 Desember 2021 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih lewat metode acak sederhana. Survei memiliki ambang batas kesalahan kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Ganjar selalu masuk tiga besar dalam survei bursa capres 2024. Ia selalu bersaing dengan Prabowo dan Anies Baswedan.

Pada survei KedaiKOPI November 2021, Ganjar memiliki elektabilitas 16,4 persen. Dia kalah dari Prabowo yang memiliki elektabilitas 23,9 persen.

Kemudian, survei Indopol Survey and Consulting menyebut elektabilitas Ganjar 13,98 persen. Elektabilitas Ganjar persis sama dengan elektabilitas Prabowo pada survei tersebut. (cnnindonesia/ln)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top