Kalimantan Timur, ID
23°C
Visibility: 10 km

Pemerintah Diminta Jamin Pasokan Pangan saat PPKM Mikro

PANGAN

Jakarta, beritaalternatif.com – Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menegaskan, pemerintah harus menjamin akses dan ketersediaan pangan bagi masyarakat saat pelaksanaan PPKM mikro darurat. Sebab, ada kekhawatiran pembatasan akan mengganggu distribusi pangan.

Peneliti CIPS, Felippa Ann Amanta mengatakan, jaminan ini perlu diberikan oleh pemerintah pusat dan daerah melalui sinergi dengan distributor. Ketersediaan pangan tidak hanya berupa stok yang cukup, tapi juga harga yang terjangkau.

“Di tengah ketidakpastian yang saat ini kita sedang alami bersama, akses pada kebutuhan pangan bertambah penting dan harus terus terjamin bagi rakyat Indonesia,” ungkap Felippa dalam keterangan resmi, Kamis (1/7/2021).

Dia menerangkan, jaminan ini perlu diberikan karena hasil survei Bank Dunia mencatat lebih dari 31 persen rumah tangga di Indonesia kekurangan makanan pada Mei 2020 lalu ketika PSBB diberlakukan. Bahkan, tingkatnya lebih rendah bagi rumah tangga di luar Pulau Jawa.

Ia menilai hal ini terjadi karena hampir semua sentra produksi pangan strategis berada di Jawa. Misalnya beras yang banyak diproduksi di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Kondisi ini bisa dimaklumi, tapi tetap perlu distribusi yang merata hingga ke luar Jawa.

“Untuk itu, pelabuhan juga memainkan peran penting dalam proses distribusi ini,” imbuhnya.

Selain dari sisi produksi, Felippa mengungkapkan, pemerintah juga perlu menjamin izin operasi dan mobilisasi bagi industri pengolahan pangan hingga industri pendukungnya.

Di sisi lain, ia menekankan, jaminan ketersediaan pasokan juga perlu diutamakan bagi pekerja di sektor kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Da menilai berbagai program bantuan sosial (bansos) di sektor pangan juga perlu diteruskan, seperti Kartu Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) senilai Rp 200 ribu per bulan per keluarga, Bansos Tunai, hingga Program Keluarga Harapan (PKH). Pemberian bansos perlu dilakukan sampai akhir tahun ini. (cnnindonesia/ln)

Sumber: PPKM Mikro Darurat, Pemerintah Harus Jamin Pasokan Pangan

Jalan Panjang dan Berliku Membangun Partai NasDem Kukar (3) September 17, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan daerah kaya sumber daya alam yang didiami oleh beragam suku dari berbagai...

NasDem Kukar Targetkan Tahun Ini Bisa Rekrut 13 Ribu Anggota Oktober 8, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasional Demokrat (DPD NasDem) Kutai Kartanegara (Kukar) Marwan mengaku akan terus...

Akun Facebook Bupati Kukar Dipalsukan, Warganet Diminta Berhati-hati September 23, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Akun media sosial (medsos) Facebook Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dipalsukan oleh oknum yang tak...

Pengurus DPD PAN Kukar Dilantik, Bertekad Raih Sembilan Kursi di DPRD Oktober 13, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar)...

Perkuat Komitmen Perjuangan untuk Rakyat, DPD Partai NasDem Kukar akan Adakan Rakorda Juni 16, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan mengadakan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *