Nasional

Targetkan Raih 64 Kursi di DPR, Zulkifli Hasan: Insyaallah Pemilu 2024 Milik PAN

BERITAALTERNATIF.COM – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan berharap partainya bisa berjaya pada Pemilu 2024.

“Sekali lagi ini momentum kita. Saatnya 2024 milik Partai Amanat Nasional, insyaallah,” ujar Zulhas dalam sambutannya di rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

“Insyaallah 2024 PAN berjaya,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan bahwa partainya menargetkan minimal 11 persen atau sekitar 60 hingga 64 kursi di DPR pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

“Target pemenangan di 2024, target perolehan kursi dan suara, kita menargetkan 60 sampai 64 kursi di tahun 2024, atau minimal 11 persen dari total perolehan kursi yang ada di DPR RI,” ujar Eddy usai Rapat Pleno pada Rakernas III PAN itu.

Eddy menegaskan bahwa PAN menolak politik identitas dalam kontestasi pemilu maupun pilpres mendatang. Menurutnya, PAN lebih memilih menguatkan politik gagasan pada 2024.

Lebih lanjut, kata Eddy, dalam rapat pleno tersebut PAN mengumpulkan aspirasi anggotanya dari akar rumput terkait capres dan cawapres yang akan diusung PAN pada Pilpres 2024.

Meski tidak memberitahukan siapa saja nama yang diusulkan, Eddy mengatakan daftar nama yang direkomendasikan tak luput dari nama-nama besar yang banyak disebutkan.

“Intinya nama-nama yang selama ini disebut. Nama-nama yang disebut cukup populer itu tidak luput dari nama-nama yang nanti akan masuk di dalam rekomendasi untuk disampaikan oleh Ketua Umum,” katanya.

Dari hasil rapat pleno tersebut terkumpul cukup banyak nama, bahkan menurut Eddy, jumlahnya lebih banyak dari yang mungkin diprediksi publik.

“Mungkin masyarakat mengantisipasi tiga atau lima nama. Saya kira mungkin lebih banyak dari itu. Nanti akan disampaikan oleh Ketum,” katanya.

Pada penutupan Rakernas PAN malam ini, Zulhas akan mengumumkan calon pemimpin nasional, istilah yang digunakan PAN untuk menyebut calon presiden dan calon wakil presiden yang mereka usung.

Beberapa nama besar seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dikabarkan berpotensi diusung oleh PAN. (*)

Sumber: CNN Indonesia

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top