Nasional

Pemerintah Tetapkan Iduladha 1443 Hijriah Jatuh pada 10 Juli 2022

BERITAALTERNATIF.COM – Hari raya Iduladha 1443 Hijriah yang ditetapkan pemerintah berbeda dengan ketetapan Muhammadiyah.

Pemerintah menetapkan hari raya Iduladha 10 Zulhijah tahun ini jatuh pada Minggu (10/7/2022). Keputusan tersebut diambil melalui serangkaian sidang isbat yang digelar Rabu (29/6/2022).

“Sidang isbat telah mengambil kesepakatan bahwa tanggal 1 Zulhijah tahun 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada Jumat tanggal 1 Juli 2022,” kata Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi usai memimpin sidang isbat di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, sebagaimana dilansir dari Kompas.com.

Zainut menjelaskan, keputusan itu didasarkan dari pantauan hilal di 86 titik di seluruh wilayah Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan rapat sidang isbat.

“Dari 34 provinsi yang telah kita tempatkan pemantau hilal, tidak ada satu pun dari mereka yang menyaksikan hilal,” jelasnya.

Sementara itu, Muhammadiyah sudah lebih dulu menetapkan hari raya Iduladha 1443 Hijriah jatuh pada 9 Juli 2022. Ketetapan itu dituangkan dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Maklumat tersebut ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto pada 3 Februari 2022.

PP Muhammadiyah menetapkan 1 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada 30 Juni 2022. Kemudian, Hari Arafah atau 9 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada 8 Juli 2022.

“Iduladha (10 Zulhijah 1443 H) hari Sabtu Legi, 9 Juli 2022 M,” demikian dikutip dari salinan maklumat Muhammadiyah tersebut.

Adapun penentuan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelas Tarijh dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Terkait ini, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi mengatakan, perbedaan ketetapan Iduladha adalah hal biasa. Dia meminta umat Islam saling menghormati atas perbedaan ini.

“Janganlah perbedaan itu sampai menjadikan kita perpecahan, tidak saling menghormati,” katanya usai mengikuti sidang isbat.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto. Dia mengingatkan umat Islam supaya tetap bersatu meski hari raya Iduladha tahun ini tidak dirayakan bersama-sama.

“Jadi yang mau Lebaran tanggal 9 Juli itu kita ucapkan selamat Lebaran, dan yang mau lebaran tanggal 10 Juli juga kita ucapkan selamat Lebaran,” kata Yandri.

“Iduladha yang paling penting makna dari itu semua adalah kita selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah,” tuturnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top