Nasional

Empat Nama Ramaikan Bursa Penggantian Anies Baswedan dari Kursi Gubernur DKI Jakarta

Jakarta, berita alternatif.com – Nama-nama calon pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai bermunculan. Diketahui, Anies bakal menyudahi jabatannya pada 16 Oktober 2022.

Setidaknya hingga saat ini ada beberapa sosok yang sudah didorong menggantikan Anies. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono sebagai Pj menuju 2024, hingga tiga nama lainnya mulai dari Airin, Ahmad Riza Patria, hingga Bahlil Lahadalia.

Nama pertama, sosok Heru Budi Hartono sempat disinggung oleh Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono. Gembong berharap Pj yang ditunjuk nanti merupakan sosok yang menguasai permasalahan di Ibu Kota.

Heru bukan orang asing di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tercatat, ia pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara pada 2014. Setahun berselang, ia mengemban posisi sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta.

“Kalau secara pribadi, Pak Heru baik, penguasaan persoalan Jakarta saya kira oke. Tapi apakah pilihan jatuh kepada Pak Heru? Kan, kita enggak tahu,” kata Gembong.

Sementara itu, tiga nama terakhir merupakan nama yang memanaskan bursa calon gubernur DKI 2024.

Penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik menyebutkan tiga nama kandidat pengganti Anies di kursi Gubernur DKI Jakarta yaitu mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

“Menurut saya mumpuni, karena ke depannya itu yang muda-muda. Itu dari sudut pandang saya. Mungkin nanti akan ada tokoh-tokoh lain yang akan muncul,” kata Taufik seperti dikutip detikcom, Jumat (31/12/2021).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menegaskan belum memutuskan kandidat penerus Anies Baswedan dalam Pilkada 2024. Menurut Dasco, pernyataan Taufik bukan sikap resmi partai.

Sementara itu, Partai Golkar siap mengusung Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar yang juga Ketua DPD Golkar DKI Jakarta sebagai calon gubernur.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar Zainuddin Amali sejak jauh-jauh hari menegaskan partainya bakal mengusung Ahmed Zaki sebagai calon gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024.

Menurut Amali, Zaki memiliki peluang besar, lantaran saat ini memimpin DPD Golkar Jakarta dan sudah berpengalaman, karena menjabat sebagai Bupati Tangerang.

“Pastilah, dia ketua DPD itu dan keberhasilan Pak Zaki pada saat memimpin Kabupaten Tangerang kan sudah bisa dilihat. Kabupaten Tangerang kan tetangganya DKI, jadi bisa dilihat,” kata Amali beberapa waktu lalu. (*)

Sumber: Sederet Nama Didorong Jadi Pengganti Anies: Heru, Airin, hingga Bahlil

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top