Kalimantan Timur, ID
23°C
Visibility: 10 km

Ekonomi Tumbuh 7,07 Persen, Indonesia Keluar dari Jurang Resesi

Sri Mulyani Indrawati
Sri Mulyani Indrawati

Jakarta, beritaalternatif.com – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2021 mencapai 7,07 persen (year on year/yoy). Realisasi pertumbuhan ekonomi ini telah membawa Indonesia keluar dari fase resesi.

Realisasi ekonomi pada kuaratal II 2021 ini lebih besar dibandingkan pada kuartal sebelumnya sebesar 0,74 persen (yoy). Angka tersebut juga merupakan yang tertinggi sejak akhir 2004.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, tumbuhnya ekonomi di angka 7,07 persen menunjukkan strategi pemerintah dan arah pemulihan ekonomi yang sudah tepat.

“Selain efek ekonomi yang negatif 5,3 persen pada tahun lalu, ada faktor-faktor lain yang menunjang arah pemulihan dan kuatnya ekonomi pada kuartal II,” kata dia, Jumat (6/8/2021).

Salah satu faktor pendukung pertumbuhan ekonomi di kuartal II adalah memomentum Lebaran dan Ramadan pada April dan Mei. Pemerintah telah mengucurkan beragam bantuan sosial dan membayarkan THR dan gaji ke-13 kepada PNS.

Dari sisi global, ekonomi negara-negara mitra dagang Indonesia telah mengalami pemulihan pada kuartal II. China tumbuh 7,9 persen, Amerika Serikat 12,2 persen, Singapura 14,3 persen, dan Korea Selatan 5,9 persen. Kondisi ini membuat komponen ekspor dan impor dalam PDB tumbuh masing-masing 31,78 persen dan 31,22 persen.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Bahlil Lahadalia mengatakan, realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia belum mencapai garis akhir. Dia berharap pada akhir tahun realisasi tahunan dapat mencapai angka maksimal.

“Kita belum maksimal iya dan pertumbuhan ekonomi 7,07 persen itu kan dihitung April-Juni,” ujarnya. (katadata/cnnindonesia/liputanislam/ln)

Iran akan Bereaksi Lebih Keras jika AS Kembali Khianati Perjanjian Nuklir Juni 25, 2021

Moskow, beritaalternatif.com - Perwakilan tetap Rusia untuk organisasi internasional di Wina, Mikhail Ulyanov mengatakan, Iran mungkin bereaksi lebih...

Al-Houthi: AS, Israel, dan Kaki Tangan Mereka adalah Kaum Zalim Masa Kini Agustus 20, 2021

Sanaa, beritaalternatif.com - Pemimpin Ansharullah dalam peringatan hari Asyura, Sayyid Abdulmalik Badruddin al-Houthi menyatakan, kebangkitan yang...

Setahun setelah Perjanjian Abraham, Terbukti hanya Klaim Palsu September 16, 2021

Abu Dhabi, beritaalternatif.com - Satu tahun telah berlalu sejak penandatanganan perjanjian September antara Zionis Israel, UEA dan Bahrain. Apakah...

Aliansi Akademisi Desak Aparat Hentikan Kriminalisasi terhadap Masyarakat Adat Laman Kinipan Juli 23, 2021

Samarinda, beritaalternatif.com - Konferensi pers bertajuk Dari Akademisi untuk Kinipan, Kembalikan Hak Masyarakat Hukum Adat Laman Kinipan didukung...

Diduga Langgar UU ITE, Empat Ormawa Unikarta Resmi Laporkan AR dan AM ke Polres Kukar September 3, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – Ketua-ketua organisasi mahasiswa kampus (ormawa) di lingkungan Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *