Kalimantan Timur, ID
26°C
Visibility: 10 km

Ini 10 Produk Buatan Israel yang Wajib Diboikot

Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta, Beritaalternatif.com – Sejak 2005, gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) telah meminta komunitas internasional untuk menekan Israel secara ekonomi, sebagai bentuk perlawanan sipil terhadap pendudukan, kolonialisme, dan apartheid negara Yahudi itu.

Gerakan itu berarti perubahan gaya hidup yang signifikan bagi beberapa konsumen. Berikut ini Christa Case Bryant menyusun di The Christian Science Monitor, daftar sepuluh merek yang didesak untuk diboikot oleh para pendukung BDS, belum lagi ribuan produk lain yang mengandung atau menggunakan teknologi yang dikembangkan Israel, termasuk iPhone, iPad, MacBook, Skype, firewall komputer, dan Microsoft XP.

PAMPERS

Procter & Gamble, yang memproduksi Pampers, adalah salah satu klien terbesar dari perusahaan Israel yang memasok produk popok, Avgol Nonwoven Industries. P&G menyumbang hampir setengah dari penjualan perusahaan, menurut kelompok riset pro-boikot Who Profits. Avgol Nonwoven Industries menjalankan pabrik di kompleks industri Barkan, yang terletak di dekat pemukiman Ariel di Tepi Barat.

VICTORIA’S SECRET

Perusahaan pakaian dalam populer itu adalah salah satu klien terbesar Delta Galil, yang mengoperasikan pabrik tekstil di zona industri Tepi Barat Barkan serta toko di pemukiman Maale Adumim. Rakyat Palestina juga mengkritik perusahaan tersebut karena mendirikan markas besarnya di tanah yang direbut dari orang-orang Palestina di Galilea.

VOLVO

Para pendukung BDS mengkritik Volvo Group dari Swedia karena memasok peralatan yang digunakan untuk melibas rumah Palestina dan juga atas 27 persen sahamnya di Merkavim, yang busnya digunakan untuk mengangkut tahanan Palestina ke dan dari penjara Israel. Volvo Group tidak lagi memiliki Volvo Cars, meskipun tidak semua pendukung BDS membedakan di antara keduanya.

INTEL

Al-Awda, Koalisi Hak Palestina untuk Kembali, telah meminta Intel untuk menutup pabriknya di Kiryat Gat, situs bekas desa Palestina, Iraq al-Manshiya dan Faluja. Sejarawan Israel Benny Morris telah menulis bahwa selama perang Israel tahun 1948-1949 dengan Palestina dan para sekutu Arab mereka, semua penduduk desa diusir sejalan dengan “keinginan strategis Israel untuk mencapai perbatasan yang bebas dari orang Arab”.

Intel, menurut daftar yang disusun Christa Case Bryant di The Christian Science Monitor, yang prosesornya dapat ditemukan di sekitar 80 persen komputer dunia, dilaporkan telah menginvestasikan US$ 2,7 miliar untuk meningkatkan pabrik Kiryat Gat, di mana negara itu sedang mengerjakan cip baru yang akan membuat komputer lebih ringan dan lebih cepat.

Angka itu menambah total investasi Intel di Israel menjadi sekitar US$ 10 miliar. Intel juga mendapatkan manfaat dari lebih dari US$ 1 miliar dalam bentuk hibah pemerintah Israel.

TRIBE AND SABRA HUMMUS

Kampanye BDS yang berbasis di Philadelphia, Amerika Serikat (AS), menarik perhatian pembuat hummus Israel Tribe dan Sabra lewat adaptasi flash dance dari lagu Lady Gaga, yang mereka sebut “No Justice, No (Chick) Peas”.

Para kritikus menyoroti dukungan perusahaan induk Sabra Strauss terhadap militer Israel dan dukungan pemilik Tribe terhadap organisasi nonprofit Dana Nasional Yahudi (JNF) yang bermarkas di Yerusalem, yang dikritik karena menggusur komunitas badui dengan proyek-proyek pembangunan di Gurun Negev.

MOTOROLA

Raksasa elektronik Motorola menjadi sasaran boikot pendukung BDS karena menyediakan peralatan pengawasan yang digunakan di sekitar permukiman Israel, di sepanjang penghalang pemisah yang dibangun Israel, dan di sepanjang perbatasan Israel-Gaza.

Selain itu, perusahaan ini menandatangani kesepakatan senilai US$ 100 juta dengan Israel pada Januari 2014 untuk telepon pintar terenkripsi bagi tentara dan personel keamanannya.

HEWLETT-PACKARD

Hewlett-Packard, pembuat komputer dan printer yang lebih dikenal sebagai HP, mendapat kecaman karena keterlibatannya dalam teknologi biometrik di pos pemeriksaan Israel dan untuk kartu identitas Israel. Para pendukung BDS juga mengkritik Hewlett-Packard karena menggunakan penyedia layanan yang berbasis di permukiman Israel.

AHAVA

Perusahaan kosmetik Israel yang namanya berarti “cinta” itu adalah target umum pendukung BDS. Produk Ahava menggunakan mineral dari Laut Mati, yang berbatasan dengan wilayah pendudukan.

Pabrik pembuatannya terletak di pemukiman Israel di Tepi Barat yang juga merupakan pemegang saham di perusahaan tersebut, memberikan pemukiman itu bagian keuangan langsung. Ahava mengekspor ke 45 negara dan memperoleh sekitar setengah dari penjualannya dari ekspor tersebut.

MCDONALD’S

Pendukung BDS menargetkan McDonald’s untuk kemitraannya dengan Dana Persatuan Yahudi (JUF), yang antara lain mempromosikan kunjungan ke Kiryat Gat, yang dibangun di atas desa Palestina yang hancur. Para kritikus juga menargetkan McDonald’s karena mendiskriminasi pekerja Arab di sejumlah gerai cepat sajinya di Israel.

SODASTREAM

Perusahaan Israel yang menjalankan pabrik di kawasan industri yang terhubung dengan pemukiman Israel di Maale Adumim itu telah menjadi sasaran kritik BDS sejak merilis iklan yang menampilkan Scarlett Johansson.

Penduduk Palestina di kawasan tersebut dan para aktivis internasional mengeluarkan siaran pers pada 30 Januari 2014 yang menyerukan Johansson untuk berhenti mempromosikan SodaStream.

Dikutip dari The Christian Science Monitor, para pendukung BDS menegaskan bahwa perusahaan tersebut “secara langsung mendukung pendudukan ilegal Israel dan kolonisasi tanah Palestina, dengan membayar pajak kepada pemerintah pemukiman kota, mempekerjakan pemukim lokal, dan menyediakan infrastruktur ekonomi untuk perluasan pemukiman Israel”. (mmt/ln)

Sumber: Mau Boikot Israel? Jangan Pakai 10 Produk Ini

Mahfud MD Apresiasi Polri yang Ungkap Kasus Tindak Pidana Obat Ilegal Senilai Rp 531 Miliar September 16, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Jajaran Bareskrim Polri dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap kasus Tindak...

Pesta Miras Berujung Penikaman, Korban Ditikam hingga Bersimbah Darah Juli 7, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – Tim Alligator Polres Kukar menangkap RD (30), pelaku penganiayaan terhadap Slamet (28). Penangkapan dilakukan di...

Wakil Bupati Sebut Kukar Sudah Delapan Kali Dapat Opini WTP Juli 8, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (DPRD Kukar) menggelar Sidang Paripurna Ke-7 Masa Sidang III...

Kemenkeu akan Perpanjang Pemberian Insentif Pajak Nol Persen untuk Mobil Baru September 8, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku sedang memproses perubahan aturan terkait pemberian insentif pajak mobil...

Gantikan Almarhum Dr. Thamrin, Syafliansyah Terpilih sebagai Sekretaris FPK Kukar September 25, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan rapat pleno di Kantor Kesbangpol Kukar...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *