Kalimantan Timur, ID
28°C
Visibility: 10 km

Perubahan Sikap AS soal Golan Dinilai sebagai Kesempatan Iran untuk Gempur Israel

Diplomat senior Israel, Dore Gold. (AFP)
Diplomat senior Israel, Dore Gold. (AFP)

Quds, LiputanIslam.com – Diplomat senior Israel, Dore Gold menyatakan, perubahan kebijakan AS mengenai Dataran Tinggi Golan, tanah Suriah yang diduduki Israel, berpotensi dipandang Iran sebagai kesempatan untuk mengepung Israel.

Gold menjelaskan, pemerintah AS sekarang berhak mengubah kebijakan pemerintah sebelumnya. Karena itu, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett setidaknya mengemban satu misi dalam masalah ini, yaitu mempertahankan kondisi saat ini.

Ia menilai pernyataan Presiden AS Joe Biden bahwa Iran tidak akan pernah memiliki senjata nuklir di masa kepresidenannya sangatlah penting dan strategis, demikian pula hal dengan penegasan komandan tertinggi Angkatan Bersenjata AS.

“Namun, dalam beberapa pekan terakhir ini terjadi penitik-beratan pada hubungan Israel-AS untuk urusan yang berkaitan dengan harapan agar Biden melanjutkan dukungan kepada kedaulatan Israel atas Golan, yang telah diakui secara resmi di masa pemerintahan Trump,” ujar Gold kepada saluran 12 Israel, seperti dikutip Rai Al-Youm, Kamis (1/7/2021).

Gold yang kini menjabat sebagai direktur Institut Yerussalem untuk Kajian Sosial juga mengatakan, perlu proses diplomatik lebih lanjut antara Israel dan AS untuk memungkinkan penyelesaian masalah ini sebelum pertemuan puncak pertama antara Biden dan Bennett.

“Sebab, jika kebijakan AS mengenai Golan berubah maka ini dapat ditafsirkan oleh orang-orang Iran sebagai terwujudnya harapan mereka untuk mengepung Israel dengan milisi mereka di Libanon dan Suriah, dan bahkan bisa jadi juga Yordania, hal yang bisa jadi akan menjurus pada konfrontasi yang tak diinginkan oleh AS maupun Israel,” pungkas Gold. (liputanislam/ln)

Sumber: Diplomat Israel: Perubahan Sikap AS Soal Golan Kesempatan bagi Iran untuk Kepung Israel

Persiapan Pindah Ibu Kota Negara, Kemenkeu Petakan Pemanfaatan Aset September 3, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah mulai memetakan pemanfaatan aset negara...

Pemuda Muhammadiyah Kukar Ulurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor di Desa Purwajaya September 20, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah bersama MDMC dan MCC Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar aksi kemanusiaan berupa...

Pandemi Covid-19 Kian Mereda, HMI Kukar: Pemda Harus Bangkitkan Pariwisata dan UMKM Oktober 17, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Situasi pandemi Covid-19 memaksa masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar) untuk menurunkan intensitas dalam beraktivitas...

Hello world! Mei 27, 2021

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start...

DPD NasDem Kukar Ulurkan Bantuan untuk Warga di Tiga Kecamatan Agustus 17, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasional Demokrat Kutai Kartanegara (DPD NasDem Kukar) mengadakan kegiatan amal dengan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *