Internasional

Otoritas Lebanon Tangkap Belasan Jaringan Mata-Mata Israel

Beirut, beritaalternatif.com – Otoritas keamanan Lebanon telah membongkar dan menggulung belasan jaringan mata-mata Israel, MOSSAD, yang beroperasi di Lebanon dengan menyusup ke organisasi-organisasi Palestina yang beroperasi di Lebanon, dan bahkan Hizbullah dan badan intelijen Libanon sendiri hingga mendekati para pejabat senior badan ini.

Menteri Dalam Negeri Bassam Mawlawi dalam rapat mingguan pemerintah mengonfirmasi bahwa pasukan keamanan Lebanon telah menemukan 17 jaringan mata-mata, yang beberapa di antaranya beroperasi di luar perbatasan Lebanon.

Sebanyak 35 tersangka yang 20 di antaranya ditangkap telah dimintai keterangan.

Berbagai media Lebanon menyebutkan bahwa peristiwa ini merupakan salah satu operasi keamanan terbesar yang dilakukan Lebanon sejak tahun 2009.

Operasi pengamanan itu dilakukan empat pekan lalu setelah dilakukan koordinasi cabang intelijen dengan komando aparat keamanan dalam negeri.

Dalam tempo empat minggu, mereka berhasil mengendus kasus-kasus yang melibatkan puluhan tersangka yang secara langsung atau tidak langsung bekerja sama dengan rezim Zionis Israel.

Para agen mata-mata diduga direkrut oleh Israel melalui media sosial dengan ditawari imbalan uang atas kerja sama mereka, dan kelompok- kelompok agen bekerja secara terpisah dengan misi khusus masing-masing.

Al-Akhbar melaporkan, dalam penyelidikan terungkap bahwa setidaknya 12 tahanan sadar bahwa mereka bekerja untuk Israel dan sisanya percaya bahwa mereka bekerja untuk lembaga internasional atau organisasi non-pemerintah.

Menurut pernyataan kabinet yang dibacakan oleh Menteri Informasi Abbas Halabi, Perdana Menteri Najib Mikati mengatakan, penangkapan itu telah membantu menghentikan “upaya untuk merusak keamanan dan menyabotase stabilitas negara”.

Ketua parlemen Nabib Berri, Senin (31/1/2022), mengapresiasi keberhasilan pasukan keamanan Lebanon membongkar dan menggulung jaringan MOSSAD.

“Kami kembali mengucapkan selamat dan menghargai pasukan keamanan Lebanon dan keterjagaannya demi keamanan Lebanon dan penguatan perdamaian sipil,” ucapnya. (*)

Sumber: Lebanon Gulung 17 Jaringan Mata-Mata Israel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top