Kalimantan Timur, ID
23°C
Visibility: 10 km

Menlu Rusia Kritik Standar Ganda Barat dalam Memerangi Teroris

Sergey Lavrov
Sergey Lavrov

Moskow, beritaalternatif.com – Setelah terjadinya ledakan-ledakan bunuh diri di ibu kota Afghanistan, para petinggi AS dan sekutu Eropanya menekankan keharusan untuk menghadapi ancaman-ancaman ISIS.

Menlu Rusia Sergey Lavrov pun mengkritik standar ganda Barat dalam menyikapi terorisme ini.

Kantor berita TASS melaporkan, pada Senin (30/8/2021) kemarin, Lavrov berbicara tentang sikap Rusia dalam masalah Suriah dan kinerja negara-negara Barat.

Menurutnya, Rusia telah menciptakan kondisi untuk sebuah proses politik di Suriah. Bukan salah Rusia jika ternyata proses ini berjalan lamban.

“Kami telah mengondisikan sebuah proses solusi politis (untuk krisis Suriah). Memang proses ini tengah melambat, tapi ini bukan kesalahan kami. Meski begitu, proses ini tetap dijalankan,” tutur Lavrov.

Diplomat senior Rusia ini tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang melambatnya proses solusi politis untuk krisis Suriah.

Lavrov lalu mengecam sikap negara-negara Barat terhadap Suriah. Ia menyatakan, Barat secara terang-terangan memanfaatkan para teroris untuk menggulingkan Presiden Bashar al-Assad.

“Ketika para teroris asli ISIS dan kelompok-kelompok yang berafiliasi dengannya sudah mendekati ibu kota Suriah, ketika mereka nyaris merebut kekuasaaan di negara itu, negara-negara Barat hanya menyaksikannya dengan tenang,” kata Lavrov.

Ia menyatakan, Rusia telah membantu Suriah untuk menjaga kemerdekaan dan pemerintahannya, juga melindungi kaum Kristen di negara tersebut.

“(Suriah) ini adalah rumah bagi Kristen. Di masa itu, negara ini terancam oleh bahaya lenyapnya semua warga yang memeluk agama Kristen,” tandasnya. (liputanislam/ln)

Bukti Komitmen Perjuangkan Aspirasi Rakyat, Sa’bir Serahkan Bantuan untuk Nelayan di Muara Jawa Agustus 28, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – Anggota DPRD Kukar dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sa’bir terus memperjuangkan aspirasi masyarakat di Dapil...

Iran Tingkatkan Pengayaan Uranium hingga 60 Persen Juni 17, 2021

Teheran, beritaalternatif.com - Iran mengklaim sudah membuat 6,5 kilogram uranium dengan pengayaan kemurnian hingga 60 persen, kian dekat ke batas...

Iran Jadi Juru Damai Dua Kelompok di Afghanistan Juli 8, 2021

Teheran, beritaalternatif.com – Iran menjadi tuan rumah perundingan damai antar kelompok Afghanistan yang melibatkan para pejabat pemerintah...

Vaksinasi Nasional Capai 100 Juta, Peringkat Tertinggi Keenam Dunia September 2, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com – Hingga 31 Agustus 2021, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan, cakupan vaksinasi nasional telah mencapai 100...

Iran akan Bereaksi Lebih Keras jika AS Kembali Khianati Perjanjian Nuklir Juni 25, 2021

Moskow, beritaalternatif.com - Perwakilan tetap Rusia untuk organisasi internasional di Wina, Mikhail Ulyanov mengatakan, Iran mungkin bereaksi lebih...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *