Internasional

AS Peruncing Masalah Taiwan, Presiden China: Jangan Bermain Api!

BERITAALTERNATIF.COM – Presiden China, Xi Jinping, tak main-main memperingatkan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, terkait tensi kedua negara soal Taiwan.

Peringatan itu dilontarkan Xi Jinping saat telewicara dengan Joe Biden, Kamis (28/7/2022) waktu setempat.

“Opini publik tidak boleh dilanggar, dan jika Anda bermain api, Anda akan terbakar. Saya harap pihak AS dapat melihat ini dengan jelas,” katanya kepada Biden seperti dikutip dari CNN, Jumat (29/7/2022).

Menanggapi ancaman itu, Biden mengatakan kebijakan AS tidak berubah di Taiwan.

“Di Taiwan, Presiden Biden menggarisbawahi bahwa kebijakan Amerika Serikat tidak berubah dan bahwa AS sangat menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo atau merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan setelah Biden berkomunikasi dengan Xi seperti dikutip dari AFP.

Amarah China kembali membuncah menanggapi rencana Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS, Nancy Pelosi, yang akan ke Taiwan. Langkah itu dinilai pelanggaran berat terhadap kedaulatan China.

Militer AS kabarnya mulai mempersiapkan armada lengkap dari pesawat tempur hingga kapal perang di Laut China Selatan mengantisipasi kedatangan Pelosi ke Taiwan.

Meski ketegangan kedua negara semakin meruncing terkait Taiwan, Xi dan Biden sepakat menggelar pertemuan tatap muka untuk mendiskusikan masalah ini.

Kesepakatan mereka capai saat berkomunikasi lewat telepon yang berlangsung selama 2 jam 17 menit pada Kamis (28/7/2022) kemarin.

Belum ada detail yang diberikan tentang waktu atau lokasi pertemuan.

“Biden dan Xi sudah membahas rencana pertemuan tatap muka dan setuju agar tim mereka menindaklanjuti untuk menemukan waktu yang disepakati bersama untuk melakukannya,” kata seorang pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim seperti dikutip dari AFP. (*)

Sumber: Berita CNN Indonesia berjudul Xi Jinping ke Biden soal Taiwan: Anda Main Api, Anda Akan Terbakar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top