Kalimantan Timur, ID
23°C
Visibility: 10 km

Kuasai Ibu Kota Afghanistan, Taliban Nyatakan Perang Usai

TALIBAN

Kabul, beritaalternatif.com – Kelompok militan Taliban menyatakan bahwa perang di Afghanistan sudah selesai, dan dalam waktu dekat ini akan jelas jenis pemerintahan yang akan didirikan di negara ini. Bersamaan dengan ini presiden pelarian Afghanistan Ashraf Ghani mengakui kemenangan Taliban.

“Kami pastikan kepada semua pihak bahwa kami menjamin keamanan warga dan perwakilan diplomatik. Kami siap berdialog dengan semua tokoh Afghanistan, dan kami menjamin mereka perlindungan yang diperlukan,” ungkap Jubir Biro Politik Taliban Mohammad Naim kepada saluran Al-Jazeera, Ahad (15/8/2021).

Dia menambahkan, “Kami tidak akan pernah membiarkan siapa pun menggunakan tanah-tanah kami untuk menyerang pihak mana pun, dan kami tak bermaksud mencelakakan orang lain. Kami tak ingin mencampuri urusan orang-orang lain, dan juga tak akan membiarkan mereka mencampuri urusan kami.”

Jubir Taliban juga menyatakan pihaknya yakin pasukan asing tak akan mengulangi “pengalaman mereka yang gagal sekali lagi di Afghanistan.”

“Kami bergerak dengan penuh tanggung jawab di setiap saat, dan kami pastikan bahwa kami berdamai dengan semua orang. Kami siap menghilangkan kekhawatiran masyarakat internasional melalui dialog,” pungkasnya.

Di pihak lain, presiden pelarian Afghanistan Ashraf Ghani mengakui kemenangan Taliban sembari mengatakan bahwa dia lari ke luar negeri demi menghindari “pertumpahan darah”.

Tanpa menyebutkan di mana sekarang dia berada, melalui akunnya di Facebook dia mengatakan “sejumlah besar warga akan terbunuh dan Kabul akan hancur” apabila dia masih bertahan di Afghanistan.

Dia menambahkan, “Taliban menang, dan mereka sekarang bertanggung jawab menjaga kehormatan negaranya.”

Pernyataan ini merupakan yang pertama kalinya sejak dia meninggalkan negaranya meski tanpa menyebutkan di mana dia sekarang berada.

Ia pergi setelah gerilyawan Taliban memasuki Kabul, ibu kota Afghanistan, dari berbagai penjuru dan kemudian menguasai istana kepresidenan.

Seorang pejabat senior Kementerian Dalam Negeri Afghanistan menyebutkan bahwa Ghani telah bertolak dari Kabul menuju Tajikistan. (liputanislam/ln)

Jokowi Terbitkan Aturan Baru bagi ASN yang Ajukan Banding setelah Dipecat September 7, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Presiden Jokowi menerbitkan aturan pengajuan banding administratif bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai...

Prahara Golkar dan Makmur dalam Kacamata Andi Harun Juli 1, 2021

Samarinda, beritaalternatif.com – Wali Kota Samarinda yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Kaltim, Andi Harun, mengaku sudah dua kali bertemu Ketua...

Warga Tanah Abang Kutim Tuntut PT GSA Realisasikan Hak Plasma Oktober 3, 2021

Kutai Timur, beritaalternatif.com - Sekitar 200 orang warga Desa Tanah Abang, Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melakukan aksi...

Kemitraan Trilateral AS, Inggris dan Australia Dinilai sebagai Ancaman bagi Indonesia September 22, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Belakangan, heboh kabar bahwa Australia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan kemitraan keamanan...

Pengadilan Pidana Yaman Jatuhi Hukuman Mati terhadap Lima Orang Mata-Mata Inggris Juli 7, 2021

Sanaa, beritaalternatif.com - Pengadilan pidana di Sanaa pada hari Selasa (6/7/2021) kemarin mengadakan sidang untuk membahas berkas pidana nomor...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *