Kalimantan Timur, ID
28°C
Visibility: 10 km

Israel Sesumbar Nyatakan Perang, Iran Siap Respons dengan Keras

Mayjen Hossein Salami
Mayjen Hossein Salami

Tel Aviv, beritaalternatif.com – Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz menyebut Iran sebagai “masalah global dan regional” dan menyatakan militer Zionis siap menindak negara Republik Islam tersebut.

Gantz melontarkan pernyataan panas itu ketika ketegangan kian meningkat di Timur Tengah menyusul serangan drone mematikan terhadap sebuah kapal tanker Israel, Mercer Street, di lepas pantai Oman pada pekan lalu.

Tanpa memberikan rincian, Israel mengaku telah menyodorkan “bukti kuat” kepada para sekutunya bahwa Iran berada di balik serangan tersebut.

AS dan Inggris juga menyalahkan Iran dan bersumbar akan menanggapi serangan yang menewaskan dua orang awak kapal tersebut—masing-masing berkewarganegaraan Inggris dan Rumania.

Iran menepis keras tuduhan itu sembari memastikan akan memberikan respons telak dan menjerakan jika negara lain memutuskan untuk menyerang kepentingannya.

Dalam wawancara yang disiarkan di situs media lokal Israel, Ynet, Kamis (5/8/2021), Gantz menjawab “ya” ketika ditanya apakah Israel siap untuk menyerang Iran.

Dia mengatakan Israel siap terlibat dalam konflik “multi-front” yang mungkin mencakup Iran. “Iran adalah masalah global dan regional serta tantangan bagi Israel,” kata Gantz.

Dia juga mengatakan, “Kami perlu terus mengembangkan kemampuan kami untuk mengatasi berbagai bidang, karena ini adalah masa depan,” tambahnya.

Di hari yang sama, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh menyebut ancaman militer Israel sebagai “pelanggaran berani lagi terhadap hukum internasional”.

Khatibzadeh di Twitter menegaskan, “Kami menyatakan ini dengan jelas: Setiap tindakan bodoh terhadap Iran akan mendapat tanggapan yang tegas. Jangan uji kami.”

Sehari sebelumnya, Panglima Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Mayjen Hossein Salami menegaskan, pasukan elite Iran ini siap meladeni serangan negara-negara musuhnya dengan respons yang telak dan menjerakan. (liputanislam/ln)

Taliban Tak Libatkan Semua Perwakilan Suku dalam Pemerintahan Baru Afghanistan September 8, 2021

Kabul, beritaalternatif.com - Taliban baru-baru ini mengumumkan susunan kabinet Afghanistan yang didominasi oleh anggota kelompok itu, dan diklaim...

Petahana Menangkan Pemilihan Ulang Pilgub Kalsel Juni 18, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Pasangan calon petahana nomor urut 01, Sahbirin Noor-Muhidin, mengalahkan paslon 02, Denny Indraya-Difriadi dalam...

Inflasi Juni 2021 di Kaltim Terkendali, Daging Ayam Ras dan Emas Penyumbang Utama Juli 2, 2021

Samarinda, beritaalternatif.com – Pada Juni 2021, Kaltim mengalami inflasi pada level yang terkendali. Indeks Harga Konsumen (IHK) pada bulan lalu...

ARC Sukseskan Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Samarinda September 13, 2021

Samarinda, beritaalternatif.com - Kasus Covid-19 di Kota Samarinda telah mencapai angka terkonfirmasi positif sebanyak 21.983 pasien. Hal itu...

Israel Marah Besar karena Utusan Uni Eropa akan Hadiri Pelantikan Presiden Baru Iran Agustus 3, 2021

Teheran, Beritaalternatif.com - Presiden baru Iran Ebrahim Raisi akan dilantik pada Kamis (5/8/2021) ini. Uni Eropa memutuskan untuk mengirim salah...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *