Kalimantan Timur, ID
26°C
Visibility: 10 km

Iran Jadi Juru Damai Dua Kelompok di Afghanistan

Menlu Iran (tengah) Mohammad Javad Zariftiba di Bandara Internasional Dushanbe. (Istimewa)
Menlu Iran (tengah) Mohammad Javad Zariftiba di Bandara Internasional Dushanbe. (Istimewa)

Teheran, beritaalternatif.com – Iran menjadi tuan rumah perundingan damai antar kelompok Afghanistan yang melibatkan para pejabat pemerintah Afghanistan dan para pemimpin politik Taliban.

Dalam kata sambutan di awal pertemuan yang berlangsung di Teheran, ibu kota Iran, Rabu (7/7/2021), Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, menekankan dukungan negaranya kepada proses pembicaraan damai antar-Afghanistan dalam rangka menyelesaikan konflik dan krisis yang sudah sekian lama melanda negara tersebut.

Sembari menyinggung kekandasan AS dan kehadirannya yang merusak di Afghanistan selama lebih dari dua dekade, Zarif menyatakan, rakyat dan pemimpin politik Afghanistan harus membuat keputusan kuat untuk membangun masa depan negara mereka.

Zarif lantas menggarisbawahi komitmen negaranya untuk berkontribusi pada pembangunan politik, ekonomi, dan sosial Afghanistan secara komprehensif setelah perdamaian terjalin.

Dalam putaran pembicaraan ini, delegasi Republik Islam Afghanistan dipimpin oleh Yunus Qanuni, mantan Menteri Luar Negeri Afghanistan. Sementara delegasi Taliban dipimpin Mohammad Abbas Stanekzai, wakil kepala kantor politik Taliban.

Di hari yang sama, Mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai kepada BBC mengatakan, kehadiran pasukan AS di negaranya justru menyumbang suburnya terorisme di Afghanistan.

“AS datang ke Afghanistan 20 tahun yang lalu atas nama perang melawan terorisme. Apakah mereka berhasil memeranginya? Apakah mereka melawannya dengan jujur? Tidak. Karena itu, AS kembali ke Afghanistan atas nama perang melawan ekstremisme. Saya, sebagai orang Afghanistan, tidak akan menyambutnya,” ujar dia, seperti dikutip TOLO News.

Ia juga memastikan bahwa pasukan Afghanistan “lebih siap memikul tanggung jawab melindungi negaranya sendiri”. (liputanislam/ln)

Sumber: Iran Jadi Tuan Rumah Pertemuan Antar Kelompok Afghanistan

Muhammadiyah Dirikan Kampus Pertama Indonesia di Malaysia Agustus 12, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mendirikan universitas pertama di Malaysia, yang diberi nama Universitas...

Isran Instruksikan Pengetatan PPKM Mikro, Mulai Berlaku Hari Ini di Kaltim Juli 3, 2021

Samarinda, beritaalternatif.com – Gubernur Kaltim Isran Noor mengeluarkan instruksi bernomor 14 tahun 2021 tentang pengetatan Pemberlakuan...

Pinjaman Online Ilegal Manjamur, Masyarakat Diminta Berhati-hati Juni 22, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Belakangan sejumlah pemberitaan menginformasikan maraknya pinjaman online (pinjol) ilegal yang terjadi di...

Beasiswa Kaltim Tuntas Terancam Tak Cair, HMI Kukar Khawatir Siswa dan Mahasiswa Gagal dalam Studi Oktober 15, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Belanja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) sampai bulan Desember belum sesuai target. Hal ini...

Susunan Pejabat Pemerintahan Afghanistan di Bawah Kekuasaan Taliban September 8, 2021

Kabul, beritaalternatif.com - Taliban mengumumkan kabinet baru pemerintah di tengah meningkatnya protes rakyat Afghanistan di Kabul dan kota-kota...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *