Tech

Lebih Dekat dengan 5G: Tawarkan Pengalaman Baru di Dunia Digital

Jakarta, beritaalternatif.com – Teknologi konektivitas 5G tak hanya menawarkan kecepatan, namun juga sejumlah peningkatan dalam pengalaman dalam aktivitas digital.

Peluncuran 5G dan transformasi digital telah menjadi pembahasan utama di dunia teknologi dalam beberapa tahun terakhir.

Selama masa pengembangan 5G, teknologi 4G menemani keseharian aktivitas digital kita mulai dari yang berhubungan dengan pekerjaan hingga hiburan.

Kini perlahan 5G mulai merayap untuk menggantikan keberadaan 4G. Teknologi 5G disebut dapat memberikan kecepatan yang lebih tinggi dan latensi sangat rendah dalam aktivitas digital.

Kapasitas Besar

Namun selain itu, 5G juga memberikan lebih banyak kapasitas dalam jaringan. Lebih banyak ‘ruang’ untuk digunakan berarti ada lebih banyak ruang bagi semua orang dan perangkat, sehingga semua yang terhubung dalam jaringan ini akan mendapatkan kecepatan data yang lebih tinggi.

Sederhananya, teknologi 5G memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung sekaligus.

Generasi jaringan seluler sebelumnya seperti 3G dan 4G kerap mengalami kesulitan dalam memberikan performa konsisten apabila terhubung pada terlalu banyak perangkat di satu tempat secara bersamaan.

Sebagai contoh, gangguan dapat terjadi ketika menggunakan ponsel selama acara olahraga atau konser yang ramai.

Pengalaman Baru Menikmati Hiburan

Dengan kecepatan tinggi dan latensi rendah, 5G juga dapat memberikan pengalaman mengonsumsi tayangan hiburan dengan lebih baik. Contohnya, penggemar sepak bola dapat menikmati tayangan pertandingan dari tim kesayangannya secara real-time dengan kualitas gambar yang tinggi.

Tayangan hiburan yang akan mengalami peningkatan dengan kehadiran 5G adalah konser musik. Di Korea Selatan, konser virtual telah berhasil disiarkan dalam format 4K menggunakan teknologi 5G.

Kehadiran teknologi ini juga akan memungkinkan tonggak baru dalam penciptaan musik global, berpotensi mengubah cara lagu ditulis dan cara kita menikmati musik di masa depan.

Teknologi generasi kelima ini juga memberikan peningkatan pengalaman pada platform lain yang berbasis streaming seperti menonton video.

Saat ini, pengalaman menonton video kerap terganggu dengan sinyal yang tidak stabil atau kecepatan yang kurang baik sehingga menyebabkan buffering atau lagging.

Kehadiran 5G akan menghilangkan pengalaman tersebut, membuat waktu kita dalam menikmati tayangan-tayangan video tidak akan terganggu dengan adanya buffering.

Internet of Things

Teknologi Internet of Things (IoT) tengah tumbuh di sekitar kita dan mendukung konsep smart living yang membuat hidup lebih efisien dan produktif.

Kehadiran 5G yang menawarkan konektivitas tingkat tinggi akan membantu kita selalu terhubung dan mengontrol smart device di rumah kita.

Masuk Lebih Dalam ke Dunia Maya

Kehadiran teknologi Extended Reality atau XR membuat pengalaman beraktivitas di dunia maya terasa lebih nyata. XR mencakup teknologi Virtual Reality, Augmented Reality, dan Mixed Reality.

Teknologi XR di era 5G diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan bagi konsumen, perusahaan, dan lembaga publik di berbagai sektor seperti hiburan, training, pendidikan, remote support, remote control, komunikasi, dan virtual meeting. (cnnindonesia/ln)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top