Sports

Mimpi Hamdi: Tim Futsal Harumkan Nama Unikarta di Tingkat Lokal hingga Nasional

Kukar, beritaalternatif.com – Pengembangan dan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk atlet futsal di Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong dinilai masih sangat minim.

Hal itu disampaikan Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Futsal Unikarta Hamdi Hamid Sula kepada beritaalternatif.com, Rabu (16/2/2022). Karenanya, saat ini pihaknya tak melakukan pembinaan karena belum memiliki pelatih.

Demi mempersiapkan tim futsal Unikarta untuk mengikuti turnamen, Hamdi berencana mencari pelatih yang akan bertugas membina dan melatih tim futsal Kampus Ungu.

Keikutsertaan dalam turnamen-turnamen futsal dinilainya sangat penting. Tujuannya, membawa nama Unikarta sehingga bisa terkenal di tingkat lokal, nasional, hingga mancanegara.

Kata dia, keberadaan pelatih futsal sangat penting. Pasalnya, pelatih memiliki rencana dan target yang harus dicapai oleh tim. Pembinaan juga akan terarah bila tim futsal mempunyai pelatih yang akan melatih dan membina tim secara berkelanjutan.

Alasan lain, Hamdi ingin mendorong tim futsal dari Unikarta menjadi tim yang profesional sehingga mereka dapat bersaing di tingkat lokal hingga nasional.

“Makanya yang paling kita butuhkan adalah pembinaan dasar-dasarnya,” kata Hamdi.

Ia menyebutkan, pembentukan dan persiapan tim sangat dibutuhkan sehingga bisa terseleksi pemain-pemain yang mempunyai talenta. Dengan begitu, target UKM Futsal Unikarta bisa tercapai.

Selain pelatih, pengembangan tim futsal juga membutuhkan perangkat-perangkat latihan seperti lapangan dan jersey pemain.

Hamdi mengatakan, rencana pembentukan dan pembinaan tim sejatinya telah digagas dan disusun UKM Futsal Unikarta. Pihaknya juga telah merencanakan untuk mengadakan berbagai kegiatan, namun terkendala anggaran yang terbatas.

Karena itu, dia mengaku bahwa UKM yang dipimpinnya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak: jajaran kampus, pemerintah daerah, dan swasta.

Dukungan tersebut bisa dalam bentuk pengadaan fasilitas olahraga dan perangkat-perangkat pendukung lainnya. “(Bantuan) pendanaan juga sangat penting,” ucapnya.

Dia menegaskan, apabila potensi yang dimiliki mahasiswa dalam bidang olahraga futsal tak dimanfaatkan dan dikembangkan dengan baik, maka hal itu akan merugikan Unikarta sebagai kampus swasta terbesar di Kaltim. Sebab, tim futsal dapat mengharumkan nama Unikarta di tingkat lokal maupun nasional.

Sebelumnya, tim futsal Unikarta pernah mengikuti kompetisi turnamen terbuka dan antar-kampus. Karenanya, tim futsal dari kampus tersebut telah dikenal secara luas di Kaltim.

Hamdi mengaku memiliki target untuk terus mengembangkan tim futsal Unikarta. Selain itu, pihaknya berencana membentuk tim futsal putri.

“Ketika misalnya ada SDM dari tim futsal putri, maka kami akan membentuk tim futsal putrinya juga,” terangnya.

Dalam rangka menyambut perayaan Dies Natalis Unikarta, UKM Futsal akan menyelenggarakan turnamen antar-siswa se-Kaltim. Juga turnamen antar-mahasiswa yang melibatkan seluruh fakultas di Unikarta.

“Mungkin sekitar bulan lima. Untuk sementara ini kita sedang menargetkan membangun lapangan untuk turnamen nanti,” tutupnya. (*)

Penulis: M. As’ari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top