KABUPATEN LOMBOK BARAT

BEM UMMAT Bina Desa Batu Putih, Adakan Ragam Kegiatan di Masyarakat

BERITAALTERNATIF.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) mengadakan kegiatan Bina Desa pada 11-14 Agustus 2022 di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan kontribusi BEM UMMAT terhadap masyarakat desa, khususnya desa yang terbelakang. Harapannya, terbangun desa binaan yang aktif, sehat, sejahtera, dan beradab.

Presiden Mahasiswa UMMAT Rijal berharap bina desa ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Batu Putih. Dengan begitu, mereka termotivasi untuk melanjutkan pendidikan, sadar kesehatan dan literasi.

“Membangun bangsa dan negara mesti dimulai dari akar rumput, yaitu dari masyarakat desa untuk bangsa,” ucap Rijal kepada beritaalternatif.com pada Senin (15/8/2022).

Kata dia, kesuksesan kegiatan ini tidak terlepas dari bantuan, dukungan, dan kerja sama dengan berbagai pihak, khususnya pengelola kampus UMMAT, pemerintah desa, dan beberapa dinas terkait seperti BKKBN, BNN, DP3A2KB, Dinas Perpustakaan Daerah dan Kantor Bahasa, serta stakeholder lainnya.

Kepala Desa Batu Putih Fazrin memberikan dukungan penuh terhadap BEM UMMAT dalam kegiatan Bina Desa tersebut.

Ia pun berterima kasih kepada BEM UMMAT karena telah menjadikan Desa Batu Putih sebagai desa binaan dan pusat kegiatan-kegiatan produktif.

“Waktu tiga hari sangatlah singkat. Kami menginginkan ke depannya lebih lama lagi, agar bisa membantu kami untuk membangun SDM di Desa Batu Putih,” harapnya.

Dalam kegiatan Bina Desa ini, BEM UMMAT mengadakan berbagai kegiatan yang menarik perhatian masyarakat Desa Batu Putih, melakukan penyuluhan tentang stunting, bahaya narkoba, dan pencegahan pernikahan dini.

Selain itu, BEM UMMAT mengadakan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat SD hingga SMP, penanaman bibit mangrove sebanyak 520 pohon, serta membuat pojok buku. (*)

Penulis: Andri Khan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top