KABUPATEN DOMPU

Mahasiswa Lintas Organisasi di Kabupaten Dompu Adakan Dialog Kepemudaan

BERITAALTERNATIF.COM – Para mahasiswa Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, yang tergabung dalam berbagai organisasi seperti HMI-MPO, IMM, dan GMNI beradu gagasan dalam dialog bertema Pemuda dan Mahasiswa sebagai Tongkat Estafet Kemajuan Bangsa menuju Indonesa Emas 2045 di Gedung PKK Dompu, Kamis (18/8/2022).

Wakil Bupati Dompu Sahrul Parsan menyambut baik kegiatan mahasiswa di momentum peringatan HUT ke-77 RI tersebut. Kegiatan ini, menurutnya, menunjukkan semangat berapi-api para pemuda dalam mendorong perubahan positif di Indonesia.

Kata dia, para pemuda, khususnya mahasiswa, harus memiliki ilmu pengetahuan yang memadai di era digital. Hal ini merupakan bagian dari tantangan untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Ketua Umum HMI-MPO Cabang Dompu Raya Ajunnarfid menyampaikan bahwa kemajuan Indonesia pada tahun 2045 akan terhambat apabila para pemuda tidak membangun persatuan.

“Maka pemuda dan mahasiswa harus bersatu, sebab roda estafet kepemimpinan ada di tangan pemuda dan mahasiswa saat ini. Pemuda dan mahasiswa harus kreatif memiliki konsep serta gagasan yang memadai,” katanya.

Ia menyebutkan, setiap pemuda harus mengembangkan kualitas dirinya. Para pemuda juga harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.

Apabila pemuda tidak dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, mereka akan tergerus oleh perubahan zaman. “Jika demikian, dampak ini tentu membawa kehancuran bangsa dan negara tercinta ini, khususnya daerah Dompu,” tambah Ajun.

Ketua Umum GMNI Cabang Dompu Haedir menambahkan bahwa pemerintah daerah mesti menyediakan lapangan kerja untuk menampung dan mengembangkan kreativitas para pemuda.

“Pemerintah daerah harus mengambil peran utama dalam memfasilitasi dan mengembangkan potensi pemuda-pemuda di Dompu,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua IMM Dompu Subhan mengatakan bahwa para pemuda harus membangun kerja sama dalam menghadapi berbagai tantangan di era kiwari.

“Sebagai langkah awal, wujud nyata dari semangat kolaboratif kami yaitu dengan mengadakan kegiatan bersama. Kami ingin memberikan contoh pada generasi selanjutnya,” ungkap Subhan.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa OKP nasional seperti GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, NW DI, KAMMI, PMII dan OKP lokal lainnya. Turut hadir Sekretaris Dikpora Kabupaten Dompu, Dwi Erza Zily Surya Dharma. (*)

Penulis: Andri Khan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top