Kalimantan Timur, ID
23°C
Visibility: 10 km

ARC Sukseskan Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Samarinda

20210913072629_IMG_3337

Samarinda, beritaalternatif.com – Kasus Covid-19 di Kota Samarinda telah mencapai angka terkonfirmasi positif sebanyak 21.983 pasien.

Hal itu mendorong ABI Responsif Covid (ARC) Kota Samarinda turut berperan aktif dalam memerangi penyebaran virus tersebut.

Sebagaimana yang diharapkan pemerintah, penanganan Covid-19 perlu melibatkan semua pihak.

Atas dasar itu, ARC Kota Samarinda berinisiatif menyelenggarakan program vaksinasi massal dengan menyediakan 200 dosis vaksin untuk masyarakat Kota Samarinda pada Senin (13/9/2021).

Program vaksinasi massal itu diadakan di Sekretariat DPW ABI Kaltim. Kegiatan ini dihadiri Camat, Lurah, Babinkamtibnas, dan Satgas Covid-19 Kelurahan.

“Selain itu, pelaksanaan program vaksinasi massal ini juga didukung oleh ormas DPD ABI Kota Samarinda dan Muslimah ABI Kota Samarinda,” jelas Ketua Pelaksana Program Vaksinasi Massal ARC Samarinda, Chairul Anam.

Pihaknya akan menyelenggarakan vaksinasi massal dalam dua tahap. Vaksin pertama dilaksanakan bulan ini. Kemudian vaksin kedua diselenggarakan pada Desember 2021.

Dia menjelaskan, program ini terselenggara atas kerja sama ARC Kota Samarinda dan UPT Puskesmas Baqa, yang menyediakan tenaga vaksinator dan dosis vaksin.

“Semoga dengan adanya program vaksinasi massal ini masyarakat Samarinda menjadi sehat dan tercegah dari wabah pandemi Covid-19 dan kami berharap dapat menyelenggarakan program vaksinasi massal yang lebih banyak lagi,” tutup Chairul.

Selain itu, ARC Kaltim juga ikut membantu 80 orang pasien isoman, tiga orang pasien rawat inap di rumah sakit, dan pemulasaraan satu jenazah.

Gerakan sosial-kemasyarakatan ini diadakan di Kukar, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara (PPU), dan Kutai Timur.

Ketua DPW ABI Kaltim, Sayid Thoriq Assegaff menjelaskan, di antara tupoksi ormas adalah penyalur aspirasi masyarakat, pemberdayaan masyarakat, dan pelayanan sosial.

Kata dia, dalam konteks inilah DPW ABI Kaltim merasa terpanggil untuk terus berkhidmat bagi komunitas dan masyarakat umum, khususnya dalam masa pandemi ini, di mana kasus terpapar dan wafat akibat Covid-19 sempat memuncak.

“Untuk itu diperlukan suatu ikhtiar menanggulangi hal ini. Selain penerapan prokes secara disiplin, maka vaksinasi juga sebagai cara penanggulangan pandemi ini,” jelas Sayid Thoriq.

Karena itu, ABI kaltim secara simultan terus berkhidmat membantu program pemerintah dalam program vaksinasi massal.

“Hari ini kita laksanakan di Samarinda dengan 200 dosis dan insyaallah di tanggal 26 September nanti akan melakukan vaksinasi massal di Tenggarong dengan 300 dosis,” pungkas Sayid Thoriq.

Diketahui, ARC adalah satgas yang dibentuk khusus oleh DPW ABI Kaltim dalam rangka bersama-sama menangani pandemi Covid-19. Satgas ini mempunyai ratusan relawan yang tersebar di lima kabupaten/kota di Kaltim. (fz)

Bupati Usulkan Raperda di Luar Propemperda, DPRD Kukar akan Segera Bentuk Pansus September 14, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – DPRD Kukar menggelar Rapat Paripurna Masa Sidang I dengan agenda pertama paripurna ke-4 Penyampaian Laporan...

BLT untuk Pekerja Senilai Rp 1 Juta akan Cair Besok Agustus 11, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan BLT subsidi gaji senilai Rp 1 juta bakal masuk ke rekening 947.499...

Anggaran untuk Beasiswa Belum Dialokasikan, GPII Kukar Tuding DPRD Kaltim Tak Pro Pendidikan Oktober 14, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Ketua Umum Gerakan Pemuda Islam Indonesia Kutai Kartanegara (GPII Kukar) Muhammad Faudzan melalui sekretaris umumnya,...

Rita Widyasari Masih Bisa Ajukan PK di Mahkamah Agung Juni 18, 2021

Oleh: Mansyur* Penolakan Mahkamah Agung terhadap upaya hukum Peninjauan Kembali (PK) yang dilakukan oleh mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar)...

Dinilai Lakukan Diskriminasi terhadap Umat Muslim, Jubir Kemenlu China Kritik Australia Juli 25, 2021

Beijing, beritaalternatif.com - Dikutip Fars dari kantor berita Xinhua, Jubir Kemenlu China, Zhao Lijian, dalam sebuah konferensi pers menyinggung...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *