Kutai Kartanegara

Visi, Misi, Program, dan Spirit Ince Raden dalam Membangun Unikarta

Kukar, beritaalternatif.com – Guru besar Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong, Ince Raden, resmi dilantik sebagai Rektor Unikarta periode 2021-2025 di Pendopo Odah Etam, Senin (17/1/2022).

Belum lama ini, jurnalis beritaalternatif.com, Feirman Nour mewawancarai Prof. Ince Raden terkait visi, misi, program, serta pandangan dosen Fakultas Pertanian tersebut terhadap Unikarta Tenggarong.

Bagaimana pandangan Anda terhadap Unikarta Tenggarong?

Kondisi Unikarta saat ini, dari aspek akreditasi termasuk peringkat sangat baik sekali di level nasional. Hal ini didukung oleh fasilitas, sumber daya manusia, aktivitas penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Seperti kita ketahui, Kukar terbagi menjadi tiga wilayah, yakni tengah, pesisir, dan hulu. Yang mana jumlah mahasiswa Unikarta saat ini mencapai 2.700 orang, dan yang dominan adalah dari wilayah hulu mahakam. Tak hanya mahasiswa dari Kukar saja, tetapi mahasiswa dari luar daerah pun ada, yakni dari Provinsi Bali, Papua, Nusa Tenggara Timur, dan provinsi lainnya di Indonesia.

Dengan posisi akreditasi yang baik sekali, kita masih memiliki beberapa hal yang harus kita benahi. Ini sebuah masalah yang harus kita benahi. Hal ini harus diperbaiki dan benahi bersama. 

Dari segi sumber daya manusia, masih ada beberapa dosen yang tingkat pendidikannya magister, tetapi belum memiliki pangkat akademik. Selain itu, Unikarta memiliki 90 orang karyawan, yang mana harus selalu dibina agar kinerja mereka lebih berkualitas dan profesional.

Dari sisi fasilitas sarana dan prasarana, masih banyak hal yang belum tuntas. Saya berharap bisa menuntaskan permasalahan yang ada agar bisa memenuhi ekspektasi mahasiswa. Kita akan mencoba mendekati pemerintah, khususnya terkait aset-aset pemerintah yang masih ada di Unikarta.

Apa program unggulan Anda?

Kita memiliki program yakni kampus merdeka, yang mana kita mencoba untuk mengaktualisasikan di tahun 2022/2023. Selain itu, kita akan bekerja sama dengan banyak pihak, baik itu pihak swasta, pemerintah daerah, maupun perguruan tinggi.

Kita berharap aktivitas mahasiswa bisa berjalan dengan baik, terencana, dan bisa teraktualisasikan dalam program kegiatan mahasiswa yang produktif. Agar bisa meningkatkan prestasi mahasiswa, baik akademik atapun non-akademik. Salain itu, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan kompetensi di aspek bahasa asing, kemampuan komputerisasi, dan aspek-aspek lainnya yang menambah keterampilan dan pengetahuan mereka agar mahasiswa Unikarta mampu bersaing dengan mahasiswa dari universitas lain.

Program pokok Unikarta adalah kewirausahaan, yang mana Unikarta diharapkan bisa berkembang dan menyesuaikan diri dengan visi entrepreneur university. Untuk mengarah ke sana, Unikarta telah menyiapkan dosen yang memang memiliki kemampuan di bidang tersebut. Visi ini akan dimasukkan dalam kurikulum muatan kewirausahaan. Harapan saya, melalui program kampus merdeka, masing-masing program studi memiliki ciri khas.

Apa saja kelebihan Unikarta? Dan apa program Anda untuk meningkatkan keunggulan tersebut?

Dari aspek sumber daya manusia, kampus kita paling banyak. Guru besar yang aktif terdapat tiga dosen tetap, dan ada satu dosen yang tidak tetap. Tetapi memiliki NIDN. Unikarta juga tercatat sebagai perguruan tinggi swasta di Kalimantan yang memiliki banyak dosen.

Unikarta memiliki fasilitas memadai untuk menunjang aktivitas belajar mahasiswa. Karena kampus kita ini adem, nyaman, belajarnya juga menyenangkan. Hal ini menjadi salah satu keunggulannya.

Harapan kita, fasilitas di sini maupun di kampus seberang sudah diserahkan ke kita. Ke depan, kita akan desain sebaik mungkin sehingga pihak luar tidak ragu-ragu untuk kuliah di Unikarta.

Ada tiga pilar yang saya lakukan perubahan, yang pertama adalah akademik, networking, dan pengembangan kewirausahaan. Saya meneruskan apa-apa yang sudah baik yang selama ini dikerjakan oleh rektor sebelumnya, kemudian melakukan penguatan, mengembangkan institusi program-program studinya yang mana berpeluang untuk kita dibuka, terutama program magister pascasarjana. Ini yang saya lakukan untuk membedakan dengan rektor-rektor sebelumnya. Tetapi itu merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Apa yang mereka sudah rintis, tinggal kita lanjutkan.

Saya pikir mahasiswa adalah salah satu unsur terpenting akademik yang harus kita ajak bersama-sama untuk mengembangkan kampus. Jadi, mahasiswa, tenaga pendidikan, dosen, dan pejabat struktural adalah bagian yang harus kita ajak bersama-sama untuk bersinergi, terpandu kegiatannya, dan yang penting kegiatan mereka benar-benar kita bisa dukung pengembangan kampus.

Alumni Unikarta juga adalah aset kita, baik itu di dunia swasta, pemerintah, perbankan, maupun sektor lainnya. Mereka ini kita harapkan bisa memberikan kontribusi, baik pikiran, tenaga, bahkan bisa berupa materi yang memang diperlukan untuk pengembangan kampus Unikarta.

Saya ibaratkan seorang anak yang dilahirkan dari seorang ibu. Di mana pun anak itu berada, dia tetap mengingat ibunya. Dia bisa membantu ibunya jika ibunya memerlukan bantuannya. Diminta ataupun tidak diminta. Selama ini, alumni memang sudah mempunyai banyak kontribusi, tapi mudah-mudah ke depan mereka bisa meningkatkan kontribusinya.

Kegiatan mahasiswa di masa pandemi ini, menurut pengamatan saya, sementara ada beberapa kegiatan yang tidak maksimal karena pandemi, namun kegiatan-kegiatan yang sifatnya online tetap berjalan. Mudah-mudahan di semester genap di bulan Februari, pandemi ini berakhir, sehingga kita bisa kuliah tatap muka (offline). Karena itu, kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan dunia kemahasiswaan bisa terlaksana lagi. Bisa ditingkatkan lagi. Apalagi menjelang Dies Natalis kita yang ke-38 di bulan Mei.

Harapan saya, di awal tahun ini, kita ada kegiatan sebelum bulan Mei. Sifatnya menyambut Dies Natalis ini. Kegiatan yang  produktif, yang bisa mempromosikan Unikarta dan bisa memperlihatkan kampus ini karena Unikarta juga punya kontribusi besar untuk pembangunan Kukar. Karena di sinilah lahir generasi muda yang akan terus membangun Kukar.

Apakah Anda akan membangun kerja sama dengan pemerintah daerah dan swasta?

Membangun sinegritas dengan pemerintah itu sesuatu yang harus dilakukan, karena kehadiran kampus ini sebenarnya bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat Kukar. Tidak hanya untuk pemerintah, tetapi untuk rakyatnya. Makanya, Unikarta ini adalah kampus kebanggaan Kukar. Kebanggaan ini saya yakin akan semakin meningkat jika keberadaan kampus ini dari waktu ke waktu semakin baik.

Oleh karena itu, saya berpikir, siapa pun, apalagi pemerintah daerah, tentunya kita berharap kerja samanya semakin giat, karena selama ini bukan berarti kita tidak melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah. Kerja sama antara pemerintah daerah dan Unikarta sangat banyak.

Kita akan membuat MoU dengan Bupati Kukar, khususnya terkait beberapa kegiatan pemerintah daerah. Dosen-dosen kita juga membantu beberapa kegiatan yang dilakukan oleh pihak-pihak swasta di pertambangan, kemudian di dunia usaha yang lain, bahkan ikut serta dalam menyusun dan melakukan riset untuk Pertamina Hulu Mahakam. Ada juga di beberapa perusahaan perkebunan sawit.

Kerja sama merupakan hal yang harus dilakukan, karena ke depan kita tidak bisa maju tanpa adanya networking atau kemitraan yang baik dengan berbagai pihak, apalagi pihak provinsi juga berharap kita bisa bekerja sama lebih erat dengan pihak provinsi.

Belum lama ini, kita telah menandatangani MoU dengan Gubernur. Penandatanganan dilakukan oleh Pak Rektor yang lama. Tentunya saya akan coba menindaklanjutinya. Di sana ada kerja sama dengan lima perguruan tinggi, yakni Unikarta, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Balikpapan, dan Untag.

Kemudian dalam beberapa hari ini kita akan menandatangani MoU dengan Universitas Padjadjaran, Universitas Mulawarman, dan Polnes Samarinda. Kita akan segera menandatangani MoU dengan ketiga perguruan tinggi itu.

Jadi, networking harus kita bangun. Insyaallah akan kita tindaklanjuti supaya bisa membawa kampus ini lebih berkembang lagi. Itu salah satu hal yang harus saya dorong supaya kita bisa berkembang dari waktu ke waktu.

Bagaimana pandangan Anda terkait pemindahan IKN ke sebagian wilayah Kukar dan PPU? Apa kontribusi yang akan diberikan Unikarta?

Ibu kota negara digadang-gadang dipindah tahun 2024. Sebagian penduduk di ibu kota akan berpindah ke ibu kota yang baru. Artinya, kita harus mempersiapkan sumber daya manusia kita di Kukar agar bisa memberikan kontribusi, terutama dalam program pembangunan ibu kota negara baru.

Saya fikir, selain program studi di Unikarta, kita perlu mengembangkan program studi yang bisa menjawab kebutuhan ibu kota negara. Kemudian, kita harus membuka diri untuk bisa bekerja sama dengan pihak mana pun dalam rangka mendorong agar sumber daya manusia yang kita lahirkan ini bisa mendukung pembangunan ibu kota negara.

Dosen kita lumayan banyak. Pengalaman mereka juga menjadi bagian yang nantinya bisa digunakan untuk mengembangkan ibu kota. Dosen-dosen kita bisa memberikan kontribusi dari sisi riset, pengabdian masyarakat, dan kegiatan-kegiatan lain. Supaya kita tidak hanya sekadar menjadi penonton, tetapi kita bisa ikut terlibat dan mendukung dengan pikiran dan tenaga.

Apakah sumber daya yang dimiliki Kampus Ungu bisa mendukung pengembangan Unikarta?

Pembangunan kampus ini harus diawali dengan kemauan, semangat, dan kerja sama tim. Dari kerja sama tim ini saya membayangkan struktur organisasi mulai dari rektorat, yayasan, wakil dekan, dan semua unit-unit di sini bisa bekerja sama.

Kita harus optimis. Dengan cara itu insyaallah kita bisa mewujudkan apa yang menjadi mimpi kita. Yang penting kita ikhtiar, istiqomah, dan konsisten dalam menjalankan program yang sesuai visi dan misi Unikarta. Walaupun ada kekurangan, itu nanti kita coba benahi satu per satu.

Saya pikir selama ini pemerintah juga telah memberikan kontribusi buat kampus. Perlu kita catat bahwa lahan yang kita pakai saat ini masih lahan milik pemerintah daerah. Artinya, pemerintah juga sangat mendukung kehadiran Unikarta.

Pemerintah daerah telah memberikan kontribusi untuk Unikarta. Kita harus menjawabnya dengan aktivitas-aktivitas yang kita lakukan di sini, yang muaranya memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah.

Lalu, beasiswa-beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Unikarta juga banyak yang berasal dari pemerintah daerah. Itu juga harus kita apresiasi. Dosen kita juga saya harapkan bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah.

Sebenarnya, dalam rencana strategis kita, sudah ada program studi yang ingin kita tambah. Salah satunya program studi informatika dan magister manajemen ekonomi. Kemudian, kita akan ada program studi lingkungan. Di Fakultas Teknik, rencananya ada teknik lingkungan. Kita berharap sebagian bisa terwujud di masa kepemimpinan saya. (*)

Penulis: Feirman Nour

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top