Kalimantan Timur, ID
23°C
Visibility: 10 km

Tambang Ilegal Marak di Kukar, Andika Minta Kapolres Baru Bersikap Tegas

HMI 1

Kukar, beritaalternatif.com – Di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar) marak tambang batu bara ilegal. Pertambangan yang tak mengantongi izin ini semakin menjamur dari waktu ke waktu.

Tambang ilegal tak hanya merusak lingkungan, tetapi juga menimbulkan kerusakan terhadap jalan umum. Pasalnya, truk-truk yang mengangkut batu bara itu acap melewati jalan umum.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kukar, Andika Abbas mengatakan, berdasarkan Pasal 1 ayat (5) Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, jalan umum hanya diperuntukkan untuk lalu lintas umum.

Dalam Pasal 1 ayat (6) dijelaskan lebih lanjut, “Jalan khusus adalah jalan yang dibangun oleh instansi, badan usaha, perseorangan, atau kelompok masyarakat untuk kepentingan sendiri”.

Berdasarkan ketentuan tersebut, jalan umum diperuntukkan untuk lalu lintas umum. Bukan untuk kepentingan badan usaha, sehingga pengangkutan batu bara tidak diperbolehkan menggunakan jalan umum, tapi harus menggunakan jalan khusus, karena kegiatan tersebut untuk kepentingan usaha.

Kata dia, kegiatan pertambangan ilegal telah melanggar Pasal 158 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 20019 tentang Pertambangan. Pasal tersebut menegaskan, setiap orang yang melakukan usaha pertambangan tanpa IUP, IPR, atau IUPK dipidana penjara 10 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

Berdasarkan laporan Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim, terdapat dua lokasi tambang ilegal di Tahura, Bukit Soeharto; Desa Bendang Raya memiliki lima lokasi; dan Santan Ulu, Kecamatan Marang Kayu, terdapat di lima lokasi—beberapa arealnya berada di hutan produksi.

“Kami dari HMI meminta kepada Kapolres Kukar yang baru untuk bersikap tegas dan bekerja secara profesional di dalam proses memberantas pertambangan ilegal di Kukar,” tegas Andika, Minggu (20/6/2021). (ln)

Kuasai Banyak Wilayah Afghanistan, Taliban Berjanji Perangi ISIS Juli 10, 2021

Moskow, beritaalternatif.com – Ketua delegasi Taliban Shahabuddin Delawar di Moskow, ibu kota Rusia, berjanji untuk tidak mengusik keamanan...

PT MHU Serahkan Bantuan kepada 185 Pelajar PKBM Putri Karang Melenu September 20, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - PT Multi Harapan Utama (MHU) menyerahkan bantuan kepada 185 siswa dan siswi yang mengikuti program pendidikan...

Republik Islam Iran Adakan Pemilu, Ayatullah Khamenei: Suara Rakyat Tentukan Nasib Negara Juni 18, 2021

Teheran, beritaalternatif.com – Republik Islam Iran tengah mengadakan pemilihan umum. Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Ayatullah al-Udzma Sayid...

FPK Kukar Tekan Potensi Konflik Antar Kelompok dengan Dialog dan Silaturahmi Juni 14, 2021

Kukar, Beritaalternatif.com – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki penduduk dari berbagai suku. Berdasarkan data yang dihimpun Forum...

Dua Pria Ini Tanggapi Laporan Kuasa Hukum Ormawa Unikarta ke Polres Kukar September 4, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – AR, seorang pria yang dilaporkan kuasa hukum sejumlah organisasi mahasiswa (ormawa) di lingkungan Universitas Kutai...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *