Kutai Kartanegara

Haji Mubarak: Sociopreneur adalah Solusi bagi Umat Manusia di Era Kiwari

BERITAALTERNATIF.COM Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) mengadakan kuliah umum di Ruangan Perkuliahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikarta pada Jumat (9/9/2022) siang.

Kuliah umum yang mengangkat tema Mewujudkan Mahasiswa Berjiwa Sociopreneur, Kreatif, Inisiatif, dan Peduli di Era Society 5.0 tersebut menghadirkan pembicara dari UIN Antasari Banjarmasin, Dr. Wahyudin, M.Si.

Kegiatan yang dihadiri oleh Rektor Unikarta, Prof. Ince Raden; Dekan FAI Unikarta, Haji Mubarak; serta sejumlah wakil dekan dan dosen-dosen FAI Unikarta tersebut diikuti oleh sekitar 430 orang mahasiswa FAI Unikarta.

Dalam kesempatan itu, Dekan FAI Unikarta Haji Mubarak menjelaskan alasan pihaknya mengangkat tema sociopreneur dalam kuliah umum tersebut.

Kata dia, sociopreneur merupakan indikator utama pencapaian visi Rektor Unikarta saat ini.

Mubarak menjelaskan bahwa Rektor Unikarta ingin mencetak lulusan yang mempunyai jiwa kewirausahaan.

Visi Rektor Unikarta tersebut kemudian diturunkan oleh FAI Unikarta dalam bentuk visi, misi, dan program yang mengarah pada sociopreneur.

“Dengan tujuan ingin menjadikan lulusan FAI berjiwa sociopreneur,” jelasnya.

Kandidat doktor ini mengurai, sociopreneur merupakan bagian dari solusi dalam menyelesaikan masalah umat manusia saat ini.

“Karena kita berada di titik di mana kepekaan sosial itu sudah mulai rendah,” katanya.

Kepedulian dan kreativitas pun sudah mulai turun di era kiwari. Mubarak mengatakan, saat ini sebagian manusia lebih mendahulukan diri sendiri ketimbang kepentingan sosial.

“Sehingga nilai sociopreneur perlu kita munculkan bahkan perlu untuk kita tekankan agar dijiwai secara bersama-sama,” ujarnya.

Dia pun berharap materi yang disampaikan oleh Dr. Wahyudin dapat diterapkan oleh mahasiswa dalam aktivitas sehari-hari.

“Dan mudah-mudahan nilai sociopreneur bisa terejawantahkan dalam kehidupan kampus kita, khususnya di Fakultas Agama Islam Unikarta,” pungkasnya. (um)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top