Kutai Kartanegara

Sekretariat DPRD Kukar Luncurkan Aplikasi SI IHSAN

beritaalternatif.com – Sekretariat DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Sub Bagian Fasilitasi Pengawasan meluncurkan aplikasi berupa website bernama SI IHSAN (Sistem Informasi Hasil Pengawasan) pada 18 April 2022. Aplikasi ini disosialisasikan pada 17-23 April 2022 lalu.

Pembuatan aplikasi ini untuk memudahkan kinerja kesekretariatan dalam menghimpun hasil pengawasan dari Anggota DPRD Kukar.

Di sisi lain, saat ini DPRD Kukar belum didukung dengan perangkat digital yang bisa diakses secara mudah sehingga sulit memperoleh data teknis yang riil dan cepat, penyusunan laporan pengawasan DPRD yang belum optimal, serta keterbatasan SDM yang menghimpun hasil pengawasan yang dilakukan Anggota DPRD Kukar setelah melakukan sidak dan kunjungan-kunjungan lainnya.

“Selain efisien, aplikasi SI IHSAN juga bisa diakses oleh publik,” ucap Sitti Maimanah yang merupakan penggagas aplikasi sekaligus Koordinator Kepala Sub Bagian Fasilitasi Pengawasan Sekretariat DPRD Kukar.

Diketahui, Sekretariat dan DPRD Kukar mempunyai peran pengawasan, di antaranya pengawasan urusan pemerintahan bidang hukum dan pemerintahan; pengawasan urusan pemerintahan bidang perekonomian, serta pengawasan urusan pemerintahan bidang infrastruktur.

Selain itu, pengawasan urusan pemerintahan bidang kesejahteraan rakyat; pengawasan urusan pengguna anggaran; pengawasan urusan sumber daya alam; pengawasan urusan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan; dan pengawasan kode etik.

Kehadiran aplikasi SI IHSAN tentu bisa menghidupkan iklim demokrasi yang sehat dan check and balance antara Pemkab Kukar dan DPRD Kukar.

Cara mengakses SI IHSAN sangat mudah. Anda bisa membuka browser dan mencari siihsan.dprdkutaikartanegara.go.id. Setelah Anda masuk di halaman awal, Anda bisa mengklik kolom-kolom hasil pengawasan.

Sebagai contoh, Anda bisa mengklik kolom hukum dan kepemerintahan. Dengan begitu, akan menampilkan hasil semua laporan dalam bentuk PDF. Lalu, Anda juga bisa mendownloadnya.

Di kolom lain, Anda juga bisa memberikan kritik dan saran yang tersedia di laman SI IHSAN.

Aplikasi ini telah didukung dan direspon oleh Ketua DPRD Kukar. “Adanya SI IHSAN ini mempermudah kami untuk menginput laporan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dan lembaga daerah lainnya. Saya rasa ini adalah terobosan baru yang patut didukung karena manfaatnya yang luar biasa,” ucap Rasid.

Di sisi lain, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin berpendapat, usaha mewujudkan program Dedikasi Kukar Idaman sesuai dengan visi misi yang tertuang pada RPJMD Tahun 2021–2026 mempunyai tantangan yang besar.

“Dengan adanya aplikasi SI IHSAN membantu kami untuk memantau dan mengevaluasi kinerja OPD di Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara,” katanya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top