Kutai Kartanegara

Lantik Pengurus Tiga Ormawa Unikarta, Rektor: Bangun Kolaborasi dan Kerja Nyata

Kukar, beritaalternatif.com – Pengurus sejumlah Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di lingkungan Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) dilantik secara berjemaah pada Minggu (10/4/2022) sore.

Adapun pengurus yang dilantik berasal dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unikarta, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Mahasiswa Bidikmisi (Formadiksi), dan UKM Forum Mahasiswa Islam (Formasi) Unikarta.

Dalam pelantikan pengurus Ormawa yang dilaksanakan di halaman Unikarta tersebut, hadir antara lain Rektor Unikarta, Prof. Ince Raden, Wakil Rektor III Unikarta, dan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unikarta.

Ketua IKA Unikarta Edi Damansyah yang diwakili oleh Sekretaris IKA Unikarta Acmad Jair memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus sejumlah Ormawa Unikarta yang dilantik tersebut.

Ia mengatakan, IKA Unikarta tersebar di berbagai lini di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Ke depan, IKA Unikarta akan berusaha semaksimal mungkin berkontribusi untuk membangun Unikarta.

“Alumni juga harus menjaga nama baik almamater Unikarta,” imbuhnya.

Rektor Unikarta Prof. Ince Raden menyampaikan apresiasi kepada pengurus Ormawa Unikarta yang aktif menjalankan berbagai kegiatan di kampus.

Ia mengatakan, setiap orang yang diberikan amanah sebagai pemimpin harus memiliki tanggung jawab, yang dibuktikan dengan kinerja dan kerja nyata.

“Memang kita sebagai pemimpin, orang akan melihat ada negatif dan positif. Namun, kita sebagai pemimpin berusaha untuk selalu berjuang sebaik-baiknya sesuai dengan program kerja yang sudah kita susun di organisasi kita masing-masing,” ucap Ince.

Semua pengurus Ormawa di Kampus Ungu, sambung dia, diharapkan dapat berkarya selama masa periode kepemimpinan mereka.

Ia juga berpesan agar pengurus Ormawa menyusun program kerja dengan baik. Sehingga program itu dapat diwujudkan dan dievaluasi secara bertahap.

Kemampuan pemimpin organisasi, lanjut dia, akan dilihat dari kepiawaiannya dalam berkolaborasi dan bersinergi dengan pihak-pihak lain.

“Kemudian bagaimana mengajak mahasiswa Unikarta untuk berorganisasi. Mahasiswa adalah ujung tombak untuk keberhasilan kampus yang kita cintai ini,” ucapnya.

Ia juga berpesan kepada pengurus Ormawa untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya pemerintah daerah Kukar dan swasta.

Ince mendorong Wakil Rektor III dan Bagian Kemahasiswaan Unikarta menyusun program tahunan agar kampus tersebut diramaikan dengan berbagai kegiatan.

“Sehingga mahasiswa-mahasiswa yang belum berorganisasi, mereka tertarik untuk aktif dalam organisasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua BEM Unikarta Muhammad Junaidi berharap pengurus dapat bersinergi, berkolaborasi, dan berkomitmen untuk memajukan Unikarta serta menjaga nama baik kampus tersebut.

“Kepercayaan mahasiswa Unikarta sangat kuat kepada kita, maka kita harus bisa menjaganya,” ujar Junaidi.

Wakil Ketua BEM Unikarta Aditya Wardana juga menambahkan, pihaknya akan bersinergi dan berkolaborasi dengan pengurus organisasi-organisasi di lingkungan Unikarta.

BEM Unikarta juga akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam membangun Kukar serta menyambut pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ketua UKM Formasi Muhammad Ramadhan berharap dapat bersinergi dengan semua pihak sehingga organisasi yang dipimpinnya semakin maju.

“Harapannya Formasi bisa bersaing dengan Ormawa yang ada di Unikarta,” harap Ramadhan.

Ketua Umum UKM Formadiksi Melandy berharap pihaknya dapat berkontribusi untuk kemajuan kampus dan menjaga nama baik Unikarta.

Ia juga akan mendorong Formadiksi membawa nama kampus sampai ke level nasional dan internasional sehingga dapat membanggakan Unikarta.

“Di kampus harus seimbang antara akademik dan non akademik,” ucap Melandy. (*)

Penulis: M. As’ari
Editor: Ufqil Mubin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top