Kutai Kartanegara

Pondok Khitan Duafa DPW ABI Kaltim Giat Adakan Sunatan Gratis

BERITAALTERNATIF.COM – Pondok Khitan Duafa Dewan Pimpinan Wilayah Ahlulbait Indonesia (ABI) Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan pondok yang dibentuk secara khusus untuk melaksanakan khitanan-khitanan gratis untuk masyarakat.

Hal itu disampaikan Pimpinan Pondok Khitan Duafa DPW ABI Kaltim, Muhammad Saleng, saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan khitanan massal yang diselenggarakan DPD ABI Kukar pada Minggu (3/7/2022) pagi di Balai Pertemuan Umum Kantor Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Kukar.

“Pondok khitan ini diperuntukkan untuk seluruh daerah kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Timur, yang pada hari ini pelaksanaannya dilaksanakan di Kukar,” jelasnya.

Saleng mengungkapkan, pada 16 Juli mendatang pihaknya akan kembali menyelenggarakan khitanan massal gratis di Kota Balikpapan.

Proses khitan oleh petugas Pondok Khitan Duafa DPW ABI Kaltim terhadap anak-anak dilakukan dalam beberapa tahapan. Tahap pertama yakni pemberian obat anestesi atau pembiusan yang bersifat lokal kepada anak-anak dikhitan.

Tahap berikutnya adalah khitan terhadap anak. Terakhir, pemberian obat kepada anak-anak. Obat-obatan tersebut diberikan secara gratis oleh Pondok Khitan Duafa DPW ABI Kaltim.

“Khitan ini menggunakan metode laser layaknya yang digunakan pada khitanan-khitanan pada umumnya,” ungkap dia.

“Paling lama tiga hari anak-anak yang dikhitan sudah bisa melakukan aktivitas mandi dan setelah khitan bisa melakukan aktivitas seperti biasa,” terangnya.

Diketahui, puluhan anak-anak antusias mengikuti khitanan massal yang diselenggarakan DPD ABI Kukar dan Pengurus Muslimah ABI Kukar pada Minggu pagi. Kegiatan tersebut diikuti oleh 23 orang anak-anak yang berasal dari Kelurahan Loa Ipuh dan sekitarnya.

Para peserta khitanan massal tersebut antara lain Sheva, Pahri, M. Naufal Firgian, Nandra Kesyha Fani, Kefin Safri Santoso, Nursyahli Adity, Nur Hasby, Al Ikram, Muhammad Guntur, Krisdian Natanael, dan Gerald.

Kemudian Geofry, Rajma Ghani, M. Anugrah Hidayat, Cristan Justan Calvian, M. Akbar, Kevin Cristan Revandri, Nino, Rahmad Rafian Nur, Nizam Andika Alriski, Muhammad Habibie, Muhammad Dafa, dan Muhammad Arzi Akbar.

Dalam kegiatan khitanan massal yang menggandeng Pondok Khitan Duafa DPW ABI Kaltim ini, panitia memberikan bingkisan dan uang saku untuk anak-anak yang telah dikhitan. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top