Kutai Kartanegara

Para Petani Desa Giri Agung Tanam Jagung di Atas Lahan Seluas 70 Hektare

Kukar, beritaalternatif.com – Para petani di Desa Giri Agung, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menanam jagung di atas lahan seluas 1 hektare pada Kamis (10/3/2022) siang.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Giri Agung, I Nengah Diksa mengungkapkan, jagung yang ditanam para petani tersebut merupakan varietas benih R7. Jagung ini berumur 110 hari setelah masa tanam.

Ia menyebutkan, bibit jagung yang ditanam ini berasal dari bantuan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kukar lewat anggaran tahun 2021.

Dalam proses penanaman tersebut, hadir Babinsa Koramil Sebulu, anggota kelompok tani, pengurus Gapoktan, Poktan Mekar Jaya, Ketua Gapoktan Desa Giri Agung, Arik Wahyudi.

Nengah mengungkapkan, Pemerintah Desa Giri Agung serta Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar sangat mendukung program penanam jagung tersebut.

Kata dia, penanaman jagung ini merupakan yang ketiga kali di Desa Giri Agung. Sejauh ini, sudah 70 hektare lahan yang ditanami jagung.

“Tanam pertama di Januari. Karena kesibukan di padi sawah, baru hari ini lagi bisa nanam jagungnya,” ungkap Nengah.

Ia berharap paket bantuan benih serta sarana produksi jagung tersebut bisa menambah penghasilan para petani di Desa Giri Agung.

“Kami juga berharap penanaman jagung ini bisa menyukseskan program Pemda Kukar berswasembada jagung di kemudian hari,” harapnya. (*)

Penulis: Ufqil Mubin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top