Kalimantan Timur, ID
26°C
Visibility: 10 km

Pengurus DPD PAN Kukar Dilantik, Bertekad Raih Sembilan Kursi di DPRD

IMG-20211013-WA0107

Kukar, beritaalternatif.com – Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2020-2025 berlangsung meriah di Coconut Beach-Samboja, Kukar, Rabu (13/10/2021) pagi.

Selain dihadiri pengurus dan kader dari berbagai tingkatan, pelantikan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid, Ketua DPW PAN Kaltim Sigit Wibowo, Ketua DPD NasDem Kukar Marwan, serta anggota legislatif Kukar dan Kaltim.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD PAN Kukar, Fachruddin mengatakan, pelantikan ini merupakan momentum bagi partai yang dipimpinnya untuk melanjutkan amanat perjuangan dalam membesarkan partai.

“Ke depan akan banyak tantangan yang akan kita hadapi dalam dinamika politik daerah. Oleh sebab itu, kepengurusan yang solid dan saling melengkapi (sangat dibutuhkan) dalam menyukseskan agenda partai,” jelas Fachruddin.

Merujuk pada hasil Pemilu 2019, meski perolehan kursi di legislatif Kukar mengalami penurunan, PAN Kukar mendapatkan suara yang lebih tinggi dibandingkan pemilu lima tahun sebelumnya.

Dengan kesolidan dan loyalitas pengurus dan kader PAN Kukar, serta calon anggota legislatif yang mumpuni, dia meyakini partainya akan mendapatkan sembilan kursi di Pemilu 2024.

“Oleh sebab itu, dalam Rapat Kerja Daerah yang kita laksanakan hari ini, saya berharap agar kader-kader PAN, baik di tingkatan DPD maupun DPC se-Kabupaten Kutai Kartanegara, dalam kesempatan ini dapat memberikan sumbangsih pemikiran dalam rangka menyusun agenda-agenda dan strategi pemenangan Partai Amanat Nasional,” katanya.

Kata dia, usaha mendapatkan sembilan kursi di Pemilu 2024 menjadi agenda besar untuk menggapai cita-cita partai: terwujudnya kedaulatan demokrasi yang maju dan keadilan sosial bagi masyarakat Indonesia.

“Matahari selalu menyinari. Matahari selalu memberi. Dan matahari tidak pernah ingkar janji,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Kaltim, Sigit Wibowo menjelaskan, secara organisasi, PAN Kukar telah menyusun pengurus hingga Rukun Tetangga (RT). Hal ini menjadi amanat Rapat Kerja Nasional yang juga dijadikan dasar dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) setiap DPD PAN.

Sigit juga menyinggung upaya PAN meraih kursi DPR RI Dapil Kaltim. Saat ini, PAN tak memiliki wakil di Senayan yang berasal dari Bumi Etam. Katanya, ini merupakan pekerjaan rumah bagi setiap kader PAN.

“Tentu saja pemilu tidak lama lagi. Persiapan organisasi dan kader-kader tentu saja dibutuhkan untuk maju di 2024. Ini menjadi tanggung jawab setiap partai politik, termasuk PAN. PAN membuka pintu seluas-luasnya untuk tokoh masyarakat, kader-kader ormas dan kader-kader partai lain yang berkenan untuk maju tahun 2024,” ujarnya.

Dalam persiapan pemilu, dia menekankan agar pengurus PAN di semua tingkatan dapat menyiapkan saksi-saksi yang bisa bekerja dengan baik. Selain itu, ia menggarisbawahi agar PAN juga ikut berkontribusi terhadap para saksi yang direkrut untuk memantau dan mewakili PAN dalam Pemilu 2024.

Selain itu, setiap kader atau calon dari PAN yang terpilih di pemilu diminta bertanggung jawab terhadap dapilnya masing-masing, serta membina masyarakat secara struktural maupun melalui jaringan di tingkat kecamatan, desa, RT dan RW.

“Di tingkat provinsi, kita juga bekerja keras untuk mendudukkan kader kita. Bukan hanya satu orang saja. Saya meminta agar setiap kader membawa suara. Kita gotong royong kalau ke depan mau dua kursi dari Dapil Kukar untuk DPRD Provinsi Kaltim,” katanya.

DPR RI Dapil Kaltim terdapat delapan kursi. Pada Pemilu 2019, PAN mendapatkan urutan kesepuluh. Sigit menyebutkan, pengurus dan kader PAN harus bekerja keras agar masuk dalam delapan besar.

“DPD Kutai Kartanegara dan kita semua harus bekerja sama untuk mendudukkan kader kita di tingkat RI, provinsi, maupun kabupaten/kota,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin mengucapkan selamat kepada Pengurus DPD PAN Kukar periode 2020-2025 yang baru dilantik.

Pelantikan tersebut menjadi langkah awal bagi pengurus PAN dalam menggapai cita-cita partai. Ia menekankan, komitmen sangat dibutuhkan dalam mengelola partai politik.

“Dengan komitmen itu PAN akan mampu mengatasi segala rintangan yang berada di hadapan, khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara,” katanya. (ln)

Parpol Wajib Laporkan Bantuan Keuangan dari Pemerintah Juni 24, 2021

Kukar, beritaalternatif.com – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin menegaskan, bantuan keuangan untuk partai politik (parpol) wajib...

Perspektif Umat Islam terhadap Gerakan Dakwah Muhammadiyah Juli 2, 2021

Oleh: Muhammad Ridwan* Catatan sejarah berdirinya Muhammadiyah menjadi tolak ukur berkembangnya konsepsi pemahaman beragama. Muhammadiyah didirikan...

Pertama di Asia Tenggara, RI Mulai Bangun Pabrik Baterai Listrik September 15, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - PT HKML Baterai Indonesia resmi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) atas pembangunan pabrik baterai...

Milisi Perempuan ISIS Masih Tebar Ancaman Juni 8, 2021

New York, Beritaalternatif.com– “Kekhalifahan” ISIS di Irak dan Suriah telah lenyap, sebagian besar terorisnya terbunuh atau ditangkap, dan...

Kasus Stunting di Kukar Turun, Pemkab Optimis 2024 Capai Target Nasional Oktober 19, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *