Kutai Kartanegara

Alif Turiadi Dorong Pemkab Kukar Galakkan Program Penanaman Jagung

BERITAALTERNATIF.COM – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Alif Turiadi meminta Pemkab Kukar menggalakkan program penanaman jagung di Kukar.

Kata dia, pemerintah daerah mesti memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk terlibat dalam program penanaman jagung di Kukar.

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menyebutkan, para petani di Kukar memiliki lahan yang memadai untuk menyukseskan program penanaman jagung.

Sejauh ini, lanjut dia, pemerintah daerah juga telah mendukung program tersebut dengan cara memberikan bantuan bibit dan pupuk kepada para petani di Kukar.

Kemudian, pemerintah juga menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian yang dapat digunakan untuk menanam dan memanen jagung.

“Kita sudah ada bantu. Dari Gerindra ada. Dari Mas Budi Satrio (Anggota DPR RI Dapil Kaltim) ada bantuan alat penanaman jagung,” ungkapnya kepada beritaalternatif.com, Senin (27/6/2022).

Terkait para petani jagung di Desa Giri Agung, Kecamatan Sebulu, yang mengeluhkan kekurangan mesin pemipil jagung, Alif mengaku akan kembali memberikan bantuan.

Untuk menyukseskan program penanaman jagung di Kukar, dia meminta pemerintah daerah mendorong kelompok-kelompok tani agar menyiapkan lahan.

“Kalau lahannya sudah siap, nanti pemerintah akan memberikan bantuan bibit jagungnya. Sekaligus juga dengan pupuknya,” jelas dia.

Kemudian, pada saat jagung dipanen, Partai Gerindra melalui wakilnya di daerah dan pusat akan memberikan bantuan mesin pemipil jagung.

“Bahkan kita juga bersedia bantu alat penanam jagungnya. Kemudian, mesin pemanen jagung. Ada beberapa kelompok tani yang sudah kita bantu,” ungkapnya.

Disinggung kendala yang dihadapi para petani yang belum bisa membuka lahan dalam skala yang luas karena keterbatasan modal, Alif mengatakan, hal ini dapat diselesaikan dengan membagi lahan kepada setiap anggota kelompok tani.

“Misalnya dalam satu kelompok ada 10 orang. Kalau masing-masing satu orang 1 hektare, saya kira itu enggak berat. Nanti bibit jagungnya akan dibantu lewat program pemerintah. Mesin penanaman juga ada bantuannya,” pungkas Alif. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top