Kutai Kartanegara

Kegiatan Edukasi Kewirausahaan Pemuda HIPMI Kukar Banjir Peserta

BERITAALTERNATIF.COM – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kabupaten Kutai Kartanegara (BPC HIPMI Kukar) akan mengadakan kegiatan Edukasi Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Siswa di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong pada Rabu (22/6/2022) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, BPC HIPMI Kukar menggandeng Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar dan Klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM) Kukar.

Ketua Umum BPC HIPMI Kukar Jumadil Anwar mengatakan bahwa persiapan kegiatan edukasi Kewirausahaan ini telah mencapai 98 persen.

Dia menyebutkan, peserta yang telah mendaftarkan diri dalam kegiatan ini mencapai lebih dari 140 orang. Namun, kuota peserta hanya 100 orang.

“Animo anak-anak muda, mahasiswa, dan siswa cukup tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” terangnya, Selasa (21/6/2022).

Peserta dalam kegiatan ini berasal dari mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kukar, SMKN 2 Kukar, dan SMK Yayasan Pendidikan Kutai (YPK).

“Ada juga mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Kaltim (UMKT). Cuman terhalang dengan surat izin,” jelasnya.

Jumadil menerangkan, peserta didominasi mahasiswa Unikarta karena kegiatan ini diprioritaskan untuk pemuda-pemuda Kukar.

Hal ini juga sebagai bentuk aplikasi konsep Unikarta tentang Merdeka Belajar, Kampus Merdeka. Sebab, belajar tidak hanya melalui Sistem Kredit Semester (SKS) di kampus.

“Harapannya ada hal-hal baru yang didapat dari sisi pemahaman tentang pentingnya menjadi pengusaha,” ujarnya.

Kegiatan ini juga bertujuan menunaikan tanggung jawab HIPMI Kukar dalam mengedukasi pemuda tentang pentingnya menjadi pengusaha.

Dalam kegiatan ini, HIPMI Kukar menghadirkan sejumlah pembicara, salah satunya Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Kalimantan Timur, Bakri Hadi.

Selain itu, ada pula perwakilan Komando Distrik Militer (Kodim) Kukar, Kepala Dispora Kukar, Klinik WPM Kukar, Anggota DPRD Kukar, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kukar, serta Ketua Umum BPC HIPMI Kukar.

“Ada 8 pemateri yang akan berdialektika dengan para mahasiswa dan siswa,” terangnya.

Jumadil berharap melalui kegiatan ini akan muncul pengusaha-pengusaha baru di Kukar. “Jiwa kewirausahaan harus terpatri sejak dini di jiwa anak-anak muda di Kukar,” ucapnya. (*)

Penulis: M. As’ari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top