Kutai Kartanegara

Pemilihan Rektor Diramaikan oleh Tiga Bakal Calon, Ketua MPM dan Presiden Mahasiswa Sampaikan Harapan

Kukar, beritaalternatif.com – Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor (PPPR) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) periode 2021-2025, pada Rabu (20/10/2021) kemarin pukul 18.00 Wita menutup pendaftaran bakal calon rektor Unikarta.

Awang M Rifani selaku Ketua PPPR Unikarta, menyebutkan, ada tiga bakal calon rektor yang telah menyerahkan berkas persyaratan bakal calon rektor, di antaranya Sundari menyerahkan berkas atas nama Ince Raden, Fahrijal menyerahkan berkas atas nama Erwinsyah, dan A Shandy Andhika menyerahkan berkas atas nama Suid Saidi.

“Nama-nama ini harus didukung oleh Senat dulu. Dari tiga bakal calon menjadi dua. Dan dua ini yang kita usul dan diserahkan ke Yayasan,” kata Awang kepada beritaalternatif.com, Kamis (21/10/2021).

Adapun jadwal dan tahapan pemilihan rektor masa jabatan 2021-2025 tersebut, pada 21-30 Oktober pihaknya akan melaksanakan verifikasi administrasi pendaftaran, dilanjutkan dengan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Rektor Unikarta. Sementara pada 1-6 November akan dilaksanakan penetapan calon rektor. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi calon rektor pada 8-20 November 2021.

Sementara penyampaian visi misi dan pemilihan calon rektor diadakan pada 22 November, pemberkasan panitia hasil rapat pemilihan calon rektor, Senat Unikarta 23-30 November, penyampaian hasil calon rektor, Senat Unikarta kepada YKK 1-10 Desember, penetapan rektor definitif oleh YKK pada 11-20 Desember, dan puncaknya tahap pelantikan rektor Unikarta pada 21-31 Desember.

Beberapa ketua Organisasi Mahasiswa (Ormawa) juga ikut menyoroti terkait pemilihan rektor periode 2021-2025, di antaranya Ketua Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), Arrahman. Ia berharap rektor terpilih mampu membawa Unikarta ke arah yang lebih baik sesuai dengan akreditasinya.

“Siapa pun rektor yang terpilih nantinya bisa mewadahi kreatifitas mahasiswa, seperti fasilitas olahraga, perpustakaan dan sebagainya. Semoga rektor terpilih juga bisa lebih kreatif, inovatif, sehingga menciptakan persaingan intelektual,” ucap Arrahman.

Hal yang serupa juga disampaikan Presiden  Mahasiswa Unikarta, Sirajuddin. Dia berharap rektor terpilih agar bisa  mengembangkan mutu pendidikan. Pasalnya, kata dia, pendidikan di Unikarta belum mampu menciptakan sumber daya manusia yang unggul.

“Ini bisa kita lihat dari fasilitas seperti gedung, perpustakaan, fasilitas laboratorium, dan hal-hal yang menunjang pengembangan mutu pendidikan yang masih kurang. Semoga ke depan bisa sesuai dengan tridharma perguruan tinggi,” harap Sirajuddin. (*)

Penulis: Arif Rahmansyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top