Kutai Kartanegara

Pemilihan Rektor Baru Unikarta akan Diadakan sebelum Desember Tahun Ini

Kukar, beritaalternatif.com – Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor (PPPR) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong, Awang M. Rifani menjelaskan, pemilihan rektor baru akan diadakan sebelum berakhirnya Surat Keputusan (SK) PPPR pada pertengahan Desember 2021.

Sementara SK Rektor Unikarta periode 2017-2021 berakhir pertengahan tahun ini. Dengan demikian, pemilihan rektor baru harus diadakan sebelum Desember 2021.

“Untuk progresivitas pelaksanaan pemilihan, dalam waktu dekat ini kita akan rapat panitia dulu. Rapat panitia itu akan menentukan beberapa agenda, termasuk penyusunan RKA (Rencana Kerja dan Anggaran),” ungkap Awang kepada beritaalternatif.com, Rabu (14/7/2021).

Kata dia, panitia pemilihan belum membuka pendaftaran bakal calon rektor Unikarta. Hal itu disebabkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Kukar.

“Nanti setelah selesai PPKM, kita akan progres. Prosesnya nanti kita umumkan kriteria, membuka waktu pendaftaran satu bulan, setelah verifikasi berkas nanti kemudian kita umumkan sebelum dibawa ke rapat Senat,” jelasnya.

Ia menyebutkan, pemilihan rektor Unikarta yang baru akan dilakukan anggota Senat yang meliputi para guru besar, rektor, wakil rektor, dekan, wakil dekan, dan direktur pascasarjana.

“Mereka tidak langsung menentukan rektor terpilih, tapi nanti akan ditentukan oleh Yayasan. Sebab tugas panitia itu hanya memberikan rangking siapa saja yang suara terbanyak,” katanya.

“Harapannya kita ini yang terpilih adalah rektor yang terbaik, karena kita di Unikarta sampai saat ini masih ada beberapa pekerjaan rumah, termasuk serah terima aset pemda yang masih menggantung itu,” pungkas Awang. (*)

Penulis: Arif Rahmansyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top