Kutai Kartanegara

Wiyono Ingatkan Masyarakat Kukar untuk Meningkatkan Kompetensi SDM sebelum Pemindahan IKN

Kukar, beritaalternatif.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Komunikasi dan Informatika Banjarmasin mengadakan kegiatan Digital Enterpreunership Academy (DEA) di Hotel Grand Elty Singgasana Tenggarong pada 12-13 Maret 2022.

Kegiatan ini juga terlaksana atas kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara ( Pemkab Kukar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar.

Dalam pembukaan yang dilaksanakan pagi tadi, hadir Kepala Dinas Koperasi Kukar dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar yang juga Wakil Ketua Komite Ekonomi Kreatif Kukar, Wiyono.

Pada kesempatan tersebut, Wiyono mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) di Kukar harus terus meningkatkan kompetensi mereka agar mampu bersaing dan mandiri dalam menghadapi persaingan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Semoga masyarakat Kukar tidak menjadi masyarakat yang terpinggirkan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara, tapi ikut berpartisipasi dalam pembangunan dan perekonomian Ibu Kota Nusantara,” ucapnya.

Kata dia, usaha meningkatkan kemampuan SDM sangat diperlukan agar masyarakat Kukar tak menjadi penonton di tanah sendiri.

Wiyono mengatakan, pemindahan IKN ini sangat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Kukar.

Ia menyebutkan, kemajuan teknologi di sektor komunikasi dan informatika memaksa setiap orang melakukan transformasi digital, termasuk dalam pemasaran dan pengembangan usaha.

Dia menjelaskan, kegiatan DEA ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha mikro di Kukar. Dengan begitu, mereka dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usaha mereka.

Dengan mengikuti kegiatan tersebut, para pelaku usaha diharapkan dapat memanfaatkan teknologi digital, sehingga dapat bersaing secara global.

Ia melanjutkan, Pemkab Kukar sangat mengapresiasi kegiatan DEA ini karena dapat meningkatkan kemampuan SDM Kukar.

“Kepada peserta untuk tetap semangat dan tetap menjaga kesehatan. Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat dan bisa diterapkan pada usaha yang dijalani,” tutupnya. (*)

Penulis: M. As’ari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top