Kalimantan Timur, ID
23°C
Visibility: 10 km

Marwan: Masih Banyak Warga yang Belum Merdeka secara Ekonomi

MERDEKA

Kukar, beritaalternatif.com – Pada momentum peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun, Presidium Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Kutai Kartanegara (PMD KAHMI Kukar) H. Marwan mengajak masyarakat menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang dengan susah payah disertai keringat dan darah dalam meraih kemerdekan.

“Kemerdekaan itu kan kebebasan: bebas dari penindasan, intimidasi, kesengsaraan, dan kemiskinan. Pertanyaannya, apakah kita sudah menikmati hasil kemerdekaan itu?” tanyanya kepada beritaalternatif.com, Rabu (18/8/2021).

Kata dia, sebagian orang sudah merdeka dari berbagai penindasan, kesengsaraan, dan kemiskinan. Namun, sebagian lainnya masih terjerat di dalamnya, sehingga belum menikmati kemerdekaan.

Marwan mengatakan, pandemi Covid-19 membuat masyarakat terbebani secara individu maupun sosial. Mereka tak memiliki kebebasan dalam mencari nafkah dan berkumpul. Hal ini berimbas terhadap pendapatan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari.

“Otomatis itu kan beban tanggung jawabnya bertambah, sehingga kalau ditanya, apakah kita sudah merdeka, ya merdeka, tapi merdeka enggak kehidupannya?” tanya dia.

Menurutnya, masih banyak warga yang belum merdeka secara ekonomi. Karena itu, di usia Indonesia yang ke-76 tahun, dia mengajak masyarakat agar saling menopang dalam membantu sesama.

“Kita tidak boleh menikmati kemerdekaan ini dengan sendiri saja, tapi mari menikmatinya dengan berbagi antar sesama,” ajaknya.

Dalam mengawal dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat di Kukar, kata dia, secara kelembagaan KAHMI menilai pembangunan daerah tak berjalan dengan mulus.

Ia menegaskan, pelaksanaan pembangunan tak seindah konsep RPJMD Kukar. Karena itu, Marwan mengajak masyarakat saling bahu-membahu membantu pemerintah agar bersama-sama membangun Kukar.

“Bukan berarti juga kita menafikan adanya suara-suara masukan. Itu juga harus kita hormati,” tutup dia. (*)

Penulis: Arif Rahmansyah

Kiat Jaga Dompet Tetap Sehat saat Penerapan PPKM Darurat Juli 6, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di wilayah...

Pinjaman Online Ilegal Manjamur, Masyarakat Diminta Berhati-hati Juni 22, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Belakangan sejumlah pemberitaan menginformasikan maraknya pinjaman online (pinjol) ilegal yang terjadi di...

Ekonom Peringatkan Dampak Buruk Endemi Covid-19 terhadap Perekonomian Indonesia Agustus 20, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mengatakan, isu pandemi Covid-19 yang...

Presiden Jokowi Datang ke Kaltim, Mahasiswa Sampaikan Tujuh Tuntutan Agustus 24, 2021

Samarinda, beritaalternatif.com – Aliansi Mahasiswa Kaltim yang berasal dari BEM Polnes, BEM KM Unmul, BEM KM UMKT, DEMA UINSI, dan Aliansi Garuda...

Tahun Depan Pekerja Dapat Jaminan Kehilangan Pekerjaan Oktober 5, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengungkapkan manfaat program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang akan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *