Kutai Kartanegara

H. Marwan Dorong Alumni Faperta Unikarta Berkontribusi untuk Pembangunan Kukar

BERITAALTERNATIF.COM – Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Pertani Universitas Kutai Kartanegara (Faperta Unikarta) Tenggarong H. Marwan mendorong seluruh alumni fakultas tersebut membantu pemerintah dalam membangun Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Dalam rangka memaksimalkan potensi alumni Faperta Unikarta untuk berkotribusi dalam pembangunan daerah, Pengurus IKA Faperta akan bekerja dengan berbasis data.

Kata Marwan, data tersebut diharapkan dapat menjadi dasar bagi Pengurus IKA Faperta dalam memfasilitasi alumni agar terserap di dunia kerja, khususnya di bidang pertanian, usaha, birokrasi, ataupun penyuluhan pertanian.

“Kalau nanti misalnya ada penerimaan penyuluh mandiri, saya akan minta ke pemerintah daerah: ‘tolong dong utamakan lulusan Faperta Unikarta’,” katanya kepada beritaalternatif.com pada Rabu (20/7/2022) malam.

“Alumni Faperta ini boleh dites. Kalau misalnya tidak sesuai kapasitasnya, enggak usah diterima. Nanti kami akan kembangkan kepasitasnya sesuai kebutuhan itu,” lanjutnya.

Dia menginginkan IKA Faperta berkontribusi dalam pembangunan daerah, bukan layaknya kelompok arisan yang hanya berkumpul di waktu-waktu tertentu.

Kata Marwan, berkumpul ataupun reuni bukan tidak penting, karena itu merupakan media dalam memupuk silaturahmi. Namun yang lebih penting, sebagai bagian dari kelompok intelektual, Pengurus IKA Faperta Unikarta harus menyusun langkah-langkah untuk pembangunan daerah.

“Kalau IKA itu kumpulan para intelektual, maka kita harus pikirkan apa yang harus kita lakukan untuk pembangunan daerah ini,” tegasnya.

Selain berkontribusi untuk pembangunan daerah, Marwan juga mendorong para alumni ikut serta dalam membangunan Faperta Unikarta. Menurutnya, pembangunan fakultas tersebut tidak bisa dipisahkan dari peran alumninya.

Ia mengatakan, alumni Faperta juga harus ikut mempromosikan fakultas tersebut. Caranya, mengabarkan kepada masyarakat bahwa mahasiswa yang kuliah di Faperta Unikarta memiliki banyak keunggulan.

“Promosi terhadap jurusan yang ada di Faperta Unikarta itu penting dilakukan oleh setiap alumni, baik secara perorangan maupun secara bersama-sama,” ujarnya.

Sebagian bagian dari usaha mempromosikan Faperta Unikarta, pihaknya akan menjadwalkan untuk berkunjung ke sejumlah sekolah di Kukar. “Itu yang akan kita lakukan ke depan,” ucapnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top