Kutai Kartanegara

Bernilai Ekonomis Tinggi, Ketua KTNA Kecamatan Sebulu Tanam Jeruk Keprok Siam

Kukar, beritaalternatif.com – Kelompok Tani Suka Maju Desa Segihan, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menanam 100 pohon jeruk keprok siam di atas lahan seluas 2 hektare pada Selasa (1/3/2022) lalu.

Penanaman jeruk ini diinisiasi oleh Wakil Ketua Kelompok Tani Suka Maju, Asfar. Dalam proses penanamannya, ia kemudian mengundang Pj Kepala Desa Segihan, BPD Desa Segihan, beserta jajaran Pemdes Segihan.

Hadir pula perwakilan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sebulu, Petugas Penyuluh Pertanian, Babinsa Koramil Kecamatan Sebulu, Gapoktan Desa Sebulu Ilir, serta kelompok tani Desa Segihan.

Selaku Ketua KTNA Kecamatan Sebulu, Asfar mencoba menanam jeruk dengan varietas baru ini karena sebelumnya tak ada satu pun petani yang menanamnya di Desa Segihan.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Segihan, Fredy Andhika mengungkapkan, varietas jeruk keprok siam awalnya berasal dari Medan, Sumatera Utara. Namun, saat ini varietas tersebut telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Jeruk ini bernilai ekonomis cukup tinggi, cepat berbuah karena dari stek batang. Tiga tahun sudah mulai berbuah,” ungkapnya kepada beritaalternatif.com, Kamis (3/3/2022) malam.

Penanaman perdana ini, lanjut dia, diharapkan dapat menginspirasi para petani di Desa Segihan agar memperluas penanaman jeruk tersebut.

Ia juga berharap jeruk keprok siam dapat ditanam oleh para petani di Kukar. Pasalnya, sebut dia, bibit jeruk tersebut sangat mudah didapatkan. Perawatannya juga tak sulit.

“Tanaman jeruk ini juga bernilai ekonomi tinggi sehingga mampu mengangkat taraf hidup petani,” pungkas Fredy. (*)

Penulis: Arif Rahmansyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top