Kutai Kartanegara

Ditunjuk sebagai Ketua IKA Faperta, Marwan Ajak Alumni Berkontribusi untuk Kemajuan Unikarta

Kukar, beritaalternatif.com – Silaturahmi, Temu Alumni dan Penyegaran Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) dilaksanakan secara resmi di Ruang Rapat Rektorat, Sabtu (5/3/2022) pagi.

Acara yang dibuka oleh Rektor Unikarta Ince Raden tersebut dihadiri oleh puluhan alumni yang kemudian menunjuk H. Marwan sebagai Ketua IKA Faperta periode 2022-2026.

Dalam penyegaran kepengurusan IKA Faperta, Marwan mengaku telah mengundang semua angkatan untuk menghadiri kegiatan tersebut. Hal itu sebagai legitimasi agar hasil musyawarah diterima oleh semua alumni.

Agar Faperta Unikarta menjadi salah satu fakultas yang diminati oleh masyarakat, Marwan menyebutkan, banyak hal yang bisa dilakukan oleh IKA. Karenanya, peran IKA sangat diperlukan.

“Peran IKA sangat diperlukan dalam rangka fakultas kita tetap bersinergi dengan universitas, bahu-membahu dalam bentuk partisipasi untuk membangun Unikarta dan Faperta yang kita cintai ini menjadi lebih baik lagi,” ucap Marwan dalam sambutannya.

Dia menyebutkan, banyak alumni Faperta tersebar luas di berbagai profesi, di antaranya pengusaha, Aparatur Sipil Negara (ASN), politisi dan profesi lainnya.

Untuk memajukan Faperta dan Unikarta, kata Marwan, IKA harus merumuskan seluruh potensinya sehingga akan banyak hal yang bisa dikerjakan sebagai bentuk sumbangsih untuk Kampus Ungu tersebut.

Marwan berharap potensi besar alumni Faperta bisa disatukan. Dengan demikian, alumni dapat memberikan sumbangsih sesuai kemampuan yang dimiliki masing-masing, dalam rangka mendukung pengembangan Faperta.

“Potensi yang dimiliki para alumni sangat besar. Kekuatan besar ini akan menjadi nilai bagi khalayak umum bahwa lulusan pertanian tidak hanya menjadi petani, tapi bisa masuk di berbagai profesi,” terangnya.

Marwan juga mengajak seluruh alumni yang mempunyai lahan agar bisa dimanfaatkan dengan baik. Hal itu sebagai langkah antisipatif bila Faperta ingin melakukan kerja sama dalam hal penelitian agar menjadi sumber kehidupan bersama.

“Kekuatan yang IKA Faperta miliki akan dimanfaatkan sebaik mungkin. Alumni punya lahan dan fakultas punya lahan, kita bisa bekerja sama untuk memanfaatkannya dengan sebaik mungkin,” ujarnya.

Setelah penyegaran kepengurusan yang baru ini, Marwan membeberkan, pihaknya akan mempersiapkan acara pertemuan yang lebih besar lagi. Hal tersebut sebagai langkah untuk merumuskan dan menghasilkan suatu keputusan yang bisa menjadi satu landasan bagi para alumni untuk berbuat lebih baik ke depan.

“Untuk teman-teman alumni ayo kita kembali ke kampus ini, kebanggaan kita, kebesaran kita dan sama-sama berbuat untuk kemajuan kita bersama, kemajuan Faperta yang sama-sama kita cintai ini,” tutupnya. (*)

Penulis: M. As’ari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top