Kutai Kartanegara

Para Petani di Kecamatan Sebulu Dilatih Cara Menggunakan Teknologi Terapan

BERITAALTERNATIF.COM – Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Kaltim melalui UPTD BPPSDMP Sempaja Provinsi Kaltim mengadakan sekolah lapangan pada Kamis (4/8/2022).

Sekolah lapangan bertema farmer field days penerapan teknologi tanaman pangan tersebut dilaksanakan di Desa Sumber Sari, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

PPL Desa Sumber Sari Loddy Yusvianta Wong mengungkapkan, peserta sekolah lapangan ini merupakan para petani yang berasal dari tiga desa: Sumber Sari, Manunggal Daya, dan Mekar Jaya.

Kata Loddy, pemateri dalam kegiatan ini antara lain Ratna, SP.,MP dan Wildatun. Keduanya mewakili UPTD BPPSDMP Provinsi Kaltim.

Sekolah lapangan tersebut dihadiri oleh perwakilan Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar, serta kelompok jabatan fungsional.

Kegiatan sekolah lapangan yang diselenggarakan di areal persawahan milik Kuspomo, anggota Kelompok Tani Sri Katon 2 Desa Sumber Sari, dengan luasan demplot seluas 0,25 hektare.

Sekolah lapangan ini diharapkan bisa terus meningkatkan semangat para petani dalam menanam tanaman padi.

Mereka juga diharapkan tidak patah semangat di tengah gempuran perkebunan kelapa sawit dan pertambangan batu bara ilegal.

“Dengan cara ini, diharapkan bisa meningkatkan penghasilan keluarga para petani di Sebulu,” ucap Loddy.

Sekolah lapangan kali ini diakhiri dengan kegiatan diskusi tentang panen dan penanganan pasca panen padi. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top