Kutai Kartanegara

Ratusan Peserta Ikuti Lomba di Kampong Ramadan Munzalan Kukar

beritaalternatif.com – Pasukan Amal Sholeh (Paskas) Gerakan Infak Beras Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan kegiatan Kampong Ramadan Munzalan ke-2 pada 19-22 April 2022 di Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong.

Penanggung Jawab (PJ) Kampong Munzalan, Kana Rianti mengungkapkan, lomba yang diadakan meliputi 8 kategori.

Lomba-lomba tersebut antara lain lomba mewarnai, menggambar, da’i cilik, ranking 1, hafalan surah pendek, lomba adzan, puitisasi Alquran, dan fashion show.

“Sampai hari puncak kegiatan ada sekitar kurang lebih 210 peserta yang ikut lomba-lomba ini,” jelasnya, Kamis (21/4/2022).

Ia menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini dibantu oleh Orang Tua Asuh (OTA) dan beberapa orang donatur.

Selain itu, masyarakat umum diberikan pilihan untuk memberikan kupon doa. Mereka mengisi kupon doa yang kemudian dibacakan saat Ifthor Akbar pada Rabu lalu.

“Kami mengundang para santri dan anak-anak yatim. Di situ kita berdoa bersama dan kupon Ramadan ini dibacakan anak-anak yatim dan santri,” terangnya.

Para peserta yang mengikuti sejumlah lomba ini berasal dari sekolah umum dan pondok pesantren di Kukar, yang terjauh adalah utusan dari Desa Semayang, Kecamatan Kenohan.

“Alhamdulillah tahun ini 50 persen lebih banyak dari tahun kemarin,” ungkapnya.

Peserta yang mendapatkan juara akan diberikan penghargaan berupa piala, bingkisan-bingkisan, dan uang pembinaan.

Dia berharap wawasan para peserta terkait agama Islam semakin bertambah setelah mengikuti lomba-lomba tersebut.

Kana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melihat potensi, bakat, dan prestasi yang dimiliki para peserta. Anak-anak yang mempunyai bakat bisa menyalurkan bakatnya dengan mengikuti lomba-lomba tersebut.

Kegiatan ini pun sebagai respons atas keberadaan telepon pintar (smartphone) yang semakin mengurangi intensitas masyarakat muslim mempelajari dan menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup.

“Ini juga menjadi ajang silaturahmi kembali teman-teman lama yang tidak bertemu. Akhirnya kami kembali bertemu di acara Kampung Ramadan ini,” pungkasnya. (*)

Penulis: M. As’ari
Editor: Ufqil Mubin

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top