Kutai Kartanegara

Motivasi Sahabat Tuli, Kaliya Kukar Adakan Screening Film Dokumenter

BERITAALTERNATIF.COM – Kutai Literasi dan Budaya (Kaliya) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan screening film dokumenter Suara di antara Aksara dan Child of Deaf Adults (CODA) di Ruang Auditorium Radio Pemerintah Kukar, Jumat (5/8/2022) pukul 19.00 Wita.

Screening film ini terlaksana atas kerja sama Kaliya Kukar dengan East Borneo Film, Layar Mahakama, dan Sahabat Tuli Tenggarong.

Ketua Kaliya Kukar Viola Meilinda Putri menjelaskan bahwa kegiatan ini terlaksana setelah ia berkenalan dan bertemu dengan founder East Borneo Film, David Richard.

“Waktu itu dengan niatan dari kak David bilang gini, ‘Ayo kita kerja sama antara teman-teman dari Sahabat Tuli dan juga Kaliya Kukar buat screening film bareng’,” terang Viola kepada beritaalternatif.com pada Rabu (10/8/2022).

Ia menyebutkan, screening film ini bertujuan memotivasi dan membangkitkan semangat sahabat tuli di Kukar.

Kegiatan ini juga memberikan motivasi kepada sahabat tuli bahwa mereka bisa melakukan banyak hal layaknya orang-orang pada umumnya.

“Bahwasanya bukan berarti teman tuli itu dengan ketuliannya itu enggak bisa berkarya dan terus berprogres,” ucap Viola.

Screening film ini dihadiri Sahabat Tuli Tenggarong, anak-anak yang mengikuti kelas Beisyaratan dari Kaliya Kukar, dan perwakilan Layar Mahakama.

Diketahui, film CODA menceritakan kisah seorang gadis yang terlahir dari orang tua tunarungu atau tuli.

Ruby Rossi (Emilia Jones) adalah satu-satunya anggota keluarga yang bisa mendengar. Karena itu, ia menjadi penerjemah saudara dan anggota keluarga lainnya yang tuli atau tunarungu. (*)

Penulis: M. As’ari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top