Kutai Kartanegara

Hasil Rakerda KAHMI Kukar: Pengurus Didorong Dirikan Yayasan dan Koperasi

Kukar, beritaalternatif.com – Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Kutai Kartanegara (MD KAHMI Kukar) mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Gedung Serba Guna DPRD Kukar pada Sabtu (12/2/2022) pagi.

Presidium KAHMI Kukar, Marwan mengungkapkan, hari ini pihaknya merumuskan program kerja seluruh bidang dalam kepengurusan KAHMI Kukar periode 2021-2026. Sebagian dari program tersebut berbentuk skala prioritas dan pilihan (opsional). Dalam Rakerda itu, pihaknya juga menyusun rekomendasi internal dan eksternal.

Poin penting lain dari hasil Rakerda tersebut adalah kepengurusan KAHMI Kukar harus segera melakukan konsolidasi internal. Konsolidasi ini meliputi penataan kepengurusan dan pendataan anggota.

“Kami akan mencoba menginventarisir sesungguhnya anggota KAHMI itu berapa jumlahnya,” jelas Marwan kepada beritaalternatif.com, Sabtu (12/2/2022) sore.

Setelah dilakukan pendataan, hasil Rakerda mewajibkan kepengurusan KAHMI Kukar periode ini menginventarisir potensi setiap alumni HMI. Pihaknya akan mendata bidang-bidang yang kini digeluti seluruh anggota dan pengurus KAHMI Kukar.

“Setelah nanti kita melakukan penelitian dan pendataan potensi kader, nanti kami akan mencoba mendistribusikan anggota sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing,” ucapnya.

Marwan mengungkapkan, rekomendasi internal dalam Rakerda tersebut mendorong KAHMI Kukar mendirikan yayasan. Kemudian yayasan tersebut ditugaskan untuk membangun lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Kutai Kartanegara, H. Marwan. (M. As’ari/Berita Alternatif)

Rakerda juga menghasilkan rekomendasi eksternal yang meminta kepengurusan KAHMI Kukar periode ini membangun koperasi. Pembentukan koperasi ini bertujuan memberdayakan anggota KAHMI. Ia menjelaskan, anggota KAHMI yang mempunyai potensi kewirausahaan akan diarahkan untuk mengembangkan koperasi tersebut.

Rekomendasi lainnya adalah KAHMI Kukar diminta mengadakan pertemuan rutin melalui agenda majelis, taklim, dan latihan fardhu kifayah.

“Pelatihan-pelatihan yang mengarah pada pengembangan potensi anggota dan kader itu juga akan kita lakukan dan kita galakkan pada periode ini,” ujarnya.

Agenda berikutnya, KAHMI Kukar akan mengadakan rapat presidium untuk mengambil keputusan terkait hasil Rakerda tersebut. Kemudian, pihaknya akan meminta sekretaris untuk membuat matriks program kerja. “Kita akan menjadwalkannya. Karena banyak sekali hasil Rakerda hari ini,” terang Marwan. (*)

Penulis: M. As’ari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top