Kutai Kartanegara

Kades Ponoragan Bangun Kerja Sama di Bidang Pertanian dan Perikanan dengan Faperta Unikarta

Kukar, beritaalternatif.com – Kepala Desa Ponoragan Sarmin berencana membangun kerja sama di bidang pertanian dan perikanan dengan Fakultas Pertanian Universitas Kutai Kartanegara (Faperta Unikarta) Tenggarong.

Faperta Unikarta diyakininya mempunya banyak tenaga ahli yang bisa membantu para petani Ponoragan dalam meningkatkan produktivitas di sektor perikanan dan pertanian.

“Mungkin kampus ini juga banyak tenaga ahli yang sesuai dengan keinginan masyarakat saya untuk pengembangan daripada komoditas di bidang perikanan dan pertanian,” jelasnya setelah melakukan pertemuan dengan Dekan Faperta dan Rektor Unikarta pada Kamis (17/2/2022).

Selama ini, sambung dia, pihaknya belum pernah membangun kerja sama dengan pihak kampus, khususnya Unikarta, dalam bidang pertanian dan perikanan.

Ia pun berharap kerja sama perdana ini dapat meningkatkan produksi di bidang pertanian dan perikanan sehingga para petani Ponoragan lebih sejahtera dibandingkan saat ini.

Sarmin menyebutkan bahwa para pembudidaya ikan di Ponoragan memiliki sejumlah masalah, salah satunya mereka belum mempunyai induk yang berkualitas dan bersertifikat.

Sementara di bidang pertanian, lanjut dia, sawah para petani kerap diserang hama. Sumber penyakit di bidang pertanian tersebut belum dapat ditanggulangi oleh para petani di Ponoragan.

Karena itu, kerja sama tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para petani dan pembudidaya ikan di desa tersebut.

Dia melanjutkan, pengembangan sektor perikanan di Ponoragan juga membutuhkan campur tangan dan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar.

Dengan begitu, kerja sama lintas sektor dapat membawa dampak besar bagi kemajuan Ponoragan. Harapannya, sektor pertanian dan perikanan bisa berjalan secara bersamaan.

“Paling tidak nanti kan ada program bina padi. Jadi, ikannya jalan dan pangannya juga jalan,” ungkapnya.

Selain kerja sama di dua bidang tersebut, Sarmin juga akan mendorong lulusan SMA/sederajat di Ponoragan untuk melanjutkan pendidikan di Unikarta Tenggarong sehingga kualitas SDM di desa tersebut bisa terus berkembang.

Dia menjelaskan, Unikarta adalah kampus ternama di Kukar yang memiliki beragam program studi yang sejalan dengan kebutuhan pengembangan SDM di Ponoragan.

Sarmin menyebutkan bahwa Unikarta juga mempunyai program beasiswa yang bisa membantu lulusan SMA atau SMK di Ponoragan untuk bisa dimantapkan saat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

“Harapannya saya, pemuda yang lulus SLTA bisa kuliah di daerah sendiri, tanpa harus meninggalkan tempat sendiri,” harapnya.

Ia berharap para pemuda yang telah lulus dari Unikarta tak berpikir untuk mencari kerja, tetapi membangun dan mengembangkan usaha di Ponoragan atau di Kukar.

Dia menegaskan bahwa para pemuda harus mengubah cara pandang mereka. Mereka didorong Sarmin agar tak lagi menjadi calon pencari kerja setelah lulus dari kampus.

Tapi membangun dan mengembangkan usaha di bidang pertanian dan perikanan. Tujuannya, membuka lapangan kerja baru demi kesejahteraan masyarakat Ponoragan.

“Ketika lulus, kita harus menciptakan lapangan pekerjaan. Minimal untuk diri kita sendiri. Syukur-syukur teman kita dan tetangga kita bisa kita rekrut. Harapannya seperti itu,” tutupnya. (*)

Penulis: M. As’ari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top