Kalimantan Timur, ID
23°C
Visibility: 10 km

HIPMI PT Kukar Sampaikan Aspirasi Pelaku Usaha terkait Dampak PPKM

IMG-20210908-WA0114

Kukar, beritaalternatif.com – Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Kutai Kartanegara (Kukar) menyambangi Kantor Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMK) Kukar pada Rabu (8/9/2021) siang.

Ketua HIPMI PT Kukar, Halimatu menjelaskan, kedatangan mereka dalam rangka audiensi terkait kondisi usaha-usaha kecil menengah yang terdampak akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Ada beberapa masukan maupun aspirasi dari pedagang usaha-usaha mikro yang hari ini sangat terdampak akibat PPKM. Karena itu kami bergerak untuk menanyakan solusi atas persoalan ini,” kata Halimatu kepada Berita Alternatif.

Pria yang akrab disapa Stev itu menjelaskan, atas nasib UMK di tengah PPKM ini, ia tidak ingin menyalahkan lembaga mana pun.

“Kita hanya ingin memberikan pandangan terkait bagaimana peran lembaga pemerintah dalam situasi ini,” katanya.

Salah satu poin yang menjadi sorotan dalam audiensi itu adalah soal permodalan. Ia membeberkan, HIPMI sedang merumuskan formulasi peminjaman tanpa agunan seperti hanya jaminan ijazah tanpa harus BPKB atau surat tanah.

“Segi permodalan yang menjadi hambatan. Itu juga berdampak pada kuantitas maupun kualitas usaha. Itu juga yang harus menjadi perhatian kita,” ucap Stev.

Menanggapi hal itu, Dinas Koperasi dan UKM Kukar yang diwakili oleh Seksi Pengembangan dan Perlindungan Usaha Mikro, Eva Yustika mengatakan, pihaknya tidak mempunyai wewenang untuk mengatur PPKM karena itu adalah tugas Satgas.

“Akibat penerapan PPKM ini kan semua sudah dibatasi. Kami sarankan ikuti PPKM. Aturan yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Dia mengatakan, Dinas Koperasi dan UKM Kukar memiliki beberapa program yang bisa membantu pengembangan UKM dalam bentuk pemasaran.

“Bagaimana pengembangan itu melalui inovasi, misalkan kalau tidak bisa offline kan kita masih bisa lewat sosial media. Di situ mungkin lebih bisa berkembang menjangkau pasar yang lebih luas,” kata Eva.

Ia juga mengatakan, nanti akan ada beberapa latihan yang bisa dikoordinasikan agar pihaknya dapat bekerja sama dengan seluruh pelaku usaha di Kukar.

“Kita saling komunikasi aja terkait usaha-usaha,” katanya.

Terkait permodalan untuk pengembangan usaha, ia mengatakan, ada bantuan stimulan berupa dana Rp 7 juta yang diperuntukkan bagi pelaku usaha.

Eva menjelaskan, setelah pelaku usaha mengusulkannya kepada Dinas Koperasi dan UMK Kukar, pihaknya akan mengajukannya ke Kementerian Koperasi.

Setelah melewati proses verifikasi, surat keputusannya akan diserahkan kepada Dinas Koperasi dan UMK. Kemudian pihaknya akan menyampaikannya kepada pelaku usaha yang mengusulkan bantuan tersebut.

Bantuan itu akan ditransfer langsung ke rekening yang bersangkutan. Setelah tiga bulan, dana yang telah digunakan harus dilaporkan sesuai proposal yang sudah diajukan sebelumnya.

“Jadi, Rp 7 juta ini mau dibuat apa, silakan. Masing-masing punya usaha (untuk dana) tujuh juta itu. Cuma kita di dinas ini sebatas mengusulkan. Yang menentukan itu Kementerian Koperasi,” tutup dia. (*)

Penulis: Arif Rahmansyah

Pemerintah Gelontorkan Dana Rp 10 Triliun, Pendaftaran Peserta Kartu Prakerja akan Segera Dibuka Agustus 13, 2021

Jakarta, beritaalternatif.com - Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menyatakan pendaftaran peserta Kartu Prakerja gelombang 18 akan segera...

DPD NasDem Kukar Lanjutkan Program Berbagi, Sasar Puluhan Pembersih Jalan di Tenggarong September 8, 2021

Kukar, beritaalternatif.com - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kutai Kartanegara (Kukar), Marwan, kembali...

Menyoal Inkonsistensi Penerapan Rehabilitasi terhadap Penyalahguna Narkotika Agustus 10, 2021

PENYALAHGUNAAN narkotika telah menjadi masalah serius di Indonesia. Barang haram tersebut tak hanya disalahgunakan orang-orang di kota besar, tetapi...

Rouhani: Masyarakat Dunia Saksikan Pemilihan Presiden Iran Juni 18, 2021

Teheran, beritaalternatif.com - Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani mengatakan, pemilihan presiden adalah pemilu terpenting negara. Karena...

Inflasi Juni 2021 di Kaltim Terkendali, Daging Ayam Ras dan Emas Penyumbang Utama Juli 2, 2021

Samarinda, beritaalternatif.com – Pada Juni 2021, Kaltim mengalami inflasi pada level yang terkendali. Indeks Harga Konsumen (IHK) pada bulan lalu...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *