Kutai Kartanegara

HIPMI Kukar Setor Berkas 53 Pelaku Usaha yang Ajukan Kredit tanpa Bunga

Kukar, beritaalternatif.com – Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kutai Kartanegara (BPC HIPMI Kukar) menyerahkan berkas pengajuan kredit tanpa bunga pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) kepada Dinas Koperasi dan UKM Kukar.

Berkas 53 pelaku usaha tersebut diserahkan oleh Wakil Sekretaris BPC HIPMI Kukar Ahmad Fauzi kepada Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UKM Kukar, Dianto Raharjo, Senin (17/1/2022) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Fauzi mengatakan, sebagai organisasi profesi yang menaungi pengusaha muda di Kukar, HIPMI memandang peluang kredit tanpa bunga ini harus dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di Kukar.

“Makanya kami menghimpunnya. Dan hari ini menyetorkan 53 berkas kawan-kawan yang ingin mengikuti program tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, program ini sejalan dengan harapan HIPMI, yakni pinjaman lunak bagi UMKM. Harapannya, langkah ini dapat merangsang para pemuda dalam membangun usaha.

“Dua tahun belakangan ini HIPMI Kukar menyuarakan agar adanya pinjaman lunak bagi UMKM guna merangsang para anak muda untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha yang dimilikinya saat ini,” imbuhnya.

Fauzi menambahkan, pengusaha berperan besar dalam memajukan daerah sehingga sangat dibutuhkan suntikan modal untuk para pelaku usaha di Kukar.

“Semakin banyak populasi wirausaha maka daerah kita semakin maju. Ekonomi berperan besar bagi pembangunan daerah. Dengan dorongan permodalan bagi wirausaha mikro, maka ini akan menurunkan angka kesenjangan sosial,” tambahnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UKM Kukar, Dianto Raharjo, menyambut baik dan menerima berkas yang disetor oleh HIPMI Kukar.

Upaya HIPMI Kukar menghimpun pelaku usaha yang hendak mengajukan pinjaman tanpa bunga tersebut, kata dia, dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan pemerintah daerah dalam menjalankan programnya.

“Jadi, kami menyambut baik peran HIPMI membantu kami untuk menyampaikan program Bupati kepada para pelaku usaha di wilayah kita,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, pihaknya akan menyeleksi kelengkapan berkas tersebut. Kemudian, Dinas Koperasi dan UKM Kukar akan meneruskannya ke bankaltimtara.

“Nanti verifikasi akan dilakukan oleh teman-teman perbankan. Nanti pihak perbankan akan datang ke lokasi untuk melihat lokasi usahanya,” terang dia.

Dianto menerangkan, Dinas Koperasi dan UKM Kukar tak menargetkan jumlah pelaku usaha di Kukar yang akan mengajukan pinjaman tanpa bunga yang merupakan program unggulan Edi Damansyah-Rendi Solihin tersebut.

Kata dia, siapa pun yang mengajukan berkas kredit tanpa bunga ini, maka pihaknya akan meneruskannya ke bankaltimtara.

“Kalau bisa sebanyak-banyaknya pelaku usaha yang mengajukan berkas. Nanti tergantung kepada pihak bank berapa dana yang tersedia,” ucapnya. (*)

Penulis: Mursid Mubarak

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

To Top